6
3818

KTM Bakal Lansir Motor Bermesin 2-Tak Fuel Injection

Gilmoters, kata siapa eranya motor dua tak sudah habis? Nih buktinya. Pabrikan motor asal Austria, KTM, bakal melansir motor enduronya, 250 EXC dan 300 EXC model 2018. Yang unik, keduanya bakal mengadopsi mesin dua tak fuel injection lho.

KTM sendiri kadung mashyur sebagi penghasil motor enduro dan off-road berperforma tinggi. Nggak heran kalau motor-motor yang mereka produksi kerap bertengger di peringkat teratas ajang-ajang balap garuk tanah. Nah, pabrikan yang berdiri sejak 1934 ini merupakan salah satu produsen motor yang masih mempertahankan motor bermesin dua tak nih Gilmoters, baik untuk motor balapnya maupun motor jalan raya.  Mengingat pengadopsian sistem injeksi pada mesin barunya, maka bisa jadi langkah yang dilakukan oleh KTM ini merupakan langkah awal dari era baru mesin dua tak.

Teknologi dua tak yang mereka sebut sebagai Transfer Port Injection ini merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan di pusat riset dan pengembangan KTM di Mattighofen. Teknologi ini katanya mampu mengeliminir kebutuhan pencampuran antara bensin dengan pelumas di sistem pengabut bensin konvensional. Nggak hanya itu Gilmoters. KTM juga mengklaim bahwa teknolgi yang mereka terapkan mampu mereduksi konsumsi bahan bakar alias lebih irit.

“Ini merupakan sebuah pengembangan yang luar biasa yang berhasil dilakukan oleh KTM. Kami telah mengembangkan mesin injeksi 2 tak selama beberapa waktu, dan tujuan kami adalah memproduksi motor yang benar-benar kompetitif dengan semua kelebihan sistem injeksi namun tetap mengimplementasikan mantra READY TO RACE. Dan kami siap meluncurkan KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI pada Mei mendatang,” tutup Product Marketing Manager KTM, Joachim Sauer.

6 COMMENTS