Foto: Shutterstock
13
32431

Ketahui Khasiat Pelumas Serba Guna WD-40

Kegunaannya mulai dari melumasi hingga mengusir lembab.

GilaMotor.com – Sebelumnya, Bang Gilmot sudah menulis sekilas tentang serba serbi nama WD-40. Produk pelumas serba guna yang pastinya sudah akrab di telinga anak-anak motor.

Nah, WD-40 ini memang punya sejumlah kegunaan buat motor, Gilmoters. Kalau mau tahu apa saja, coba cek beberapa poin di bawah ini.

Berfungsi Sebagai Pelingung

Selain berfungsi untuk melumasi bagian-bagian motor agar mengurangi gesekan, WD-40 juga berguna untuk melumasi bagian engsel motor, seperti kopling dan kopling tangan untuk melindunginya dari keausan.

Selain itu, cairan WD-40 juga berguna juga untuk melumasi rantai agar rotasi pada rantai berjalan dengan lebih lancar.

Memiliki Fungsi Penetrasi

Untuk membuka baut ban yang keras, dibutuhkan cairan yang mampu masuk ke dalam rongga-rongga yang sangat kecil sekali pun. Cairan pelumas itu harus memiliki fungsi yang mampu menyebar dan masuk ke dalam celah terkecil

Terlebih pada saat-saat tertentu, seperti musim hujan, ada kalanya saat mur pada ban dan bagian-bagian kecil pada mesin kendaraan khususnya motor sangat sulit dibuka karena terkena air kotor dari jalanan. Di sinilah, fungsi WD-40 sebagai pelunak dibutuhkan.

WD-40 Berfungsi Sebagai Anti Karat

Semakin bertambahnya usia motor, bagian-bagian tertentu dapat mengalami korosi atau karat. Hal ini dapat ditanggulangi dengan WD-40.

Namun, ada baiknya juga ditambah upaya menanggulangi karat dengan cara membersihkan kotoran-kotoran yang menempel agar kinerja komponen gak terganggu. WD-40 bisa secara rutin digunakan pada rantai, jeruji ban, dan bagian lainnya yang rentan mengalami karat.

Sebagai Cairan Pembersih

Selain berfungsi untuk mengurangi gesekan antara logam, WD-40 juga berfungsi sebagai pembersih. Mesin kendaraan memiliki bagian-bagian kecil yang sulit untuk dibersihkan. Di sinilah WD-40 mampu memasuki rongga-rongga kecil di antara bagian-bagian mesin memiliki peran penting dalam membersihkan bagian tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang mampu mengganggu kinerja komponen.

WD-40 Bisa Mengusir Lembab

Pada saat musim hujan, motor kadang harus melewati genangan air. WD-40 dapat membantu menghilangkan kelembaban yang ada pada busi dan bagian-bagian motor lainnya.

13 COMMENTS