14
2780

Yamaha Didik Mekanik Balap

GilaMotor.com – Selain konsisten dalam penjualan produk, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga sangat fokus terhadap dunia balap di tanah air Gilmoters. Ngga hanya ruting menggelar kejuaraan balap, pabrikan berlambang garputala itu juga menyelenggarakan pembelajaran bagi para mekanik balap.

Rangkaian edukasi yang bertajuk Yamaha Technical Academy Race (YTA Race) ini diselenggarakan selama dua hari oleh Yamaha Indonesia pada pekan lalu Gilmoters. Dan tentunya mendapat tanggapan yang positif terutama bagi teknisi Yamaha Racing Team. Target dari edukasi ini untuk menjadikan teknisi yang profesional dan handal, juga mengetahui dasar teori basic-maintenance dari motor sport.

Untuk itu, Yamaha Indonesia mengundang tim-tim yang bergabung dalam Kejuaraan Nasional Indospeed Race Series (IRS) 2017. Tercatat ada 15 teknisi dari 10 tim yang turut serta, antara lain Syafina, HDS, Putra Anugrah, Kaboci, Rey Racing Speed & Borneo, Bahtera, Ardian’s, HRP dan TJM.

“Edukasi dasar yang kami lakukan pastinya memberikan pengetahuan untuk teknisi. Mereka harus tahu cara maintenance yang baik. Di motor tipe sport perlu ketelitian dan keakurasian yang lebih tinggi dari pada motor tipe underbone. Tahun ini tim sudah mulai konsen ke sport model. Dan juga ada 7 tim Yamaha baru yang bergabung di Kejurnas IRS,”ujar Wahyu Rusmayadi, selaku Koordinator YTA Race Motorsport PT. YIMM.

Dalam pembelajaran kali ini, Yamaha Indonesia memberikan edukasi tentang maintenance mesin YZF-25 baik teori maupun praktek. “Meskipun saya sudah tahu teori di balap, tetapi pelatihan kali ini sangat berguna bagi saya atau teknisi lainnya. Dengan pelatihan ini saya mendapatkan ilmu dan wawasan serta cara langkah perawatan untuk mesin R25 mulai dari pembongkaran sampai perakitan kembali, dimana perlu ketelitian dan pengukuran,” ungkap Eko Setiya Budi, teknisi dari tim Borneo.

Dengan adanya pelatihan ini pihak Yamaha Indoenesia berharap jika pembelajaran yang telah diberikan dapat diaplikasikan pada masing-masing tim. “Agar semua tim Yamaha bisa menjadi yang terdepan di segala kejuaraan balap,” tutup Wahyu. (Okz)

14 COMMENTS