4
1539

Ride For Independence Day : Cinta Indonesia Sampai Mati

Gilmoters, banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk mengisi Hari Kemerdekaan Indonesia di Bumi Nusantara yang lestari ini. Salah satunya adalah meng-Indonesia-kan kembali masyarakatnya.

Acara  yang digelar di Desa Tapos1 kecamatan Tenjolaya (Bumi Perkemahan Ciputri), Bogor, Jawa Barat (17/08) ini bertajuk Ride For Independence Day  “Cinta Indonesia Sampai Mati” (RFID2017). Dihadiri oleh sekitar 100 orang dari para penggiat roda dua dari berbagai komunitas, pencinta alam serta warga desa Tapos 1 Tenjolaya  yang semuanya berbaur dalam pesta rakyat nan sederhana  tersebut.

“Di desa Tapos 1 terutama dusun teratas terdiri dari sekitar 30 KK dan berbatasan langsung dengan Bumi perkemahan Ciputri. Masyarakat baru kali pertamanya merayakan HUT RI dengan mengajak para penggiat alam terbuka terutama penggiat roda dua untuk lebih peduli pada alam dan masyarakat di sekitarnya sambil melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat berdampak baik untuk diri sendiri, alam dan lingkungannya,” tutur Jejak Halimun salah satu panitia RFID2017.

Selain merayakan HUT RI ke-72, acara ini juga bermaksud untuk membina hubungan antara individu dan atau komunitas dengan alam dan lingkungan supaya tertanam sikap menghargai dan menghormati baik alam, masyarakat dan diri sendiri, juga meingkatkan rasa nasionalisme, dan kecintaan pada NKRI.


Acara diawali dengan upacara kemerdekaan di Curug Go’ong di area Ciputri yang kemudian dilanjutkan dengan  penyerahan secara simbolik donasi untuk warga sekitar seperti pakaian layak pakai, buku-buku edukasi dan bacaan yang akan dipergunakan untuk perpustakaan rakyat juga permainan – permainan klasik yang mengedukasi.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk seluruh lapisan usia masyarakat baik anak – anak hingga dewasa tanpa batasan umur yang di clusterkan berdasarkan usia mulai dari lomba mewarnai dan menggambar  balap karung, tarik tambang, balap kelereng, joget balon dan lainnya, Gilmoters.

“Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dengan kolaborasi yang apik dari seluruh peserta dan warga yang hadir yang kesemuanya dapat memberikan aura perayaan kemerdekaan Indonesia yang klasik dan asyik, dan yang pastinya sangat berisik dengan riuh canda tawa dan kebahagiaan dalam pesta rakyat yang berlangsung selama 10 jam,” Lanjut Jejak Halimun

Yuk Gilmoters, mari kita meng-Indonesia-kan diri kita untuk Indonesia yang lebih asyik. Salam paling Indonesia, Salam Tanpa Batas, Salam Bumi Lestari untuk NKRI “Cinta Indonesia Sampai Mati”,

Penulis. Foto / Fatimah Subadiyo.MBI

4 COMMENTS