Naik Motor Musim Hujan
6
1792

Komponen Motor yang Kerap Jadi “Korban” Musim Hujan

GilaMoto.com – Setiap tahun musim hujan datang menyapa. Buat seorang pemotor, musim hujan memang mengharuskan adanya upaya ekstra dalam beberapa hal. Mulai dari membawa jas hujan ketika riding ditambah lagi memantau beberapa komponen motor yang kerap menjadi “korban” musim hujan.

(Baca juga: Rossi Jadi Atlet Italia Terpopuler di Medsos)

Jangan sampai kondisi komponen-komponen ini tak terpantau setelah motor selalu digunakan selama musim hujan. Karena apabila terjadi kerusakan di tengah jalan pastinya bikin repot diri sendiri. Untuk itu Bang Gilmot coba tulis komponen motor yang perlu diperhatikan ketika musim hujan.

1/ Gir dan Rantai

Komponen pertama adalah gir dan rantai motor. Air hujan yang membasahinya secara terus menerus pada titik tertentu akan melunturkan pelumas yang melapisi rantai dan gir. Maka terjadilah gesekan antara metal dengan metal yang bikin riding gak nyaman dan memperpendek usia pakai komponen.

2/ Kabel Busi dan Cop

Posisi busi yang relatif rendah bikin komponen ini rawan rusak ketika musim hujan apalagi banjir. Potensi gangguan terhadap komponen ini salah satunya apabila karet kabel busi ataupun copnya sudah getas atau retak. Dengan begitu terdapat celah yang memungkinkan air hujan mengganggu fungsi busi.

3/ Pelek dan Roda

Gak jarang hujan lebat menimbulkan genangan air di mana-mana. Pada kondisi ini ada baiknya pemotor gak asal libas bagian jalan yang tertutup air. Karena bisa saja ada lobang besar menunggu di sana. Pengaruhnya adalah pada pelek motor terlebih ketika ban tidak diisi angin dengan tekanan sebagaimana mestinya.

6 COMMENTS

  1. Rutin di cek aja bang gilmot. Kalau saya setiap mau riding, rantai selalu saya lumasi oli.
    Sebulan sekali saya bongkar roda untuk memberi gemuk pada bagian laher dan membersihkan rantai, membersihkan dan melumasi bagian-bagian kaliper, berikut membersihkan filter udara serta busi.
    Jadi apapun kondisinya, motor saya tetap dalam kondisi terbaiknya dan selalu bisa diandalkan.