3
2831

Mau Adventure Bareng Honda CRF150L? Ini Persiapannya

GilaMotor.com – Sudah hari Jumat nih Gilmoters, artinya besok sudah akhir pekan. Kira-kira Gilmoters punya rencana apa nih untuk menghabiskan waktu di akhir pekan?

Jika Gilmoters merupakan salah satu pemilik Honda CRF150L dan berencana melakukan kegiatan adventure di akhir pekan ini, Bang Gilmot punya sedikit tips nih. Untuk mempersiapkan tunggangan Gilmoters supaya tetap prima saat melahap medan off road.

Pertama Gilmoters harus memperhatikan pelumas mesin alias oli Honda CRF150L. Hal ini sangatlah penting, mengingat kegiatan offroad menuntut pengendara sering membetot dan menutup handle gas. Dengan karakter berkendara seperti ini tentunya kinerja mesin semakin berat dan cepat panas. Sehingga oli mesin cepat menguap. So, jika oli berada di batas bawah maka Gilmoters wajib menambahkannya hinga batas tengah.

Yang kedua adalah throttle gas. Gilmoters kudu wajib memperhatikan setingan throttle gas supaya mendapatkan tarikan motor yang responsif. Caranya, Gilmoters bisa mempertahankan jarak bebas selongosng gas dengan jarak 2-6 mm.

Pun demikian dengan handle kopling. Supaya ngga slip kopling, Gilmoters bisa menjaga jarak main bebas kopling sekitar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan dengan ngegas di putaran tinggi. Karena akan membuat kampas kopling Honda CRF150L cepat terbakar.

Selanjutnya adalah rantai. Sebelum melahap jalur off road, Gilmoters wajib mengecek kondisi rantai. Lakukan pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang dari swing arm. Bila rantai kendor, lakukan pengencangan.

Oh iya, haram hukumnya mencuci rantai dengan minyak atau oli sembarangan. Gilmoters bisa melumasi rantai dengan chain lube untuk menjaga rantai tidak aus.

Poin kelima yang mesti diperhatikan adalah rim lock atau stopper ban. Karena perangkat ini punya tugas yang cukup penting yakni mengunci pelek antara ban luar dan dalam. Terlebih saat kondisi ban dalam keadaan pengurangan tekanan angin. Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam dan robeknya pentil ban Honda CRF150L.

Yang namanya sepeda motor trail sudah menjadi hal yang lumrah jika bermanuver loncat-loncatan. Untuk itulah Gilmoters harus sering-sering mengecek steering stem, dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi saat belok kanan atau kiri.

Jika steering stem pada tunggangan Gilmoters seret atau kendor saat berbelok, segeralah datang ke Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) setting atau pergantian bearing pada sterring stem. (Okz)

3 COMMENTS