Swingarm Serat Karbon Aprilia
0
1618

Swingarm Serat Karbon Aprilia Debut di Le Mans

GilaMoto.com – Melihat hasil klasmen sementara MotoGP 2018, penampilan para pembalap Aprilia bisa dikatakan belum begitu maksimal. Pembenahan dari segi teknis dilakukan salah satunya lewat rencana penggunaan swingarm atau lengan ayun baru di balapan selanjutnya. Swingarm baru yang rencana debut di MotoGP Le Mans, (20/5) mendatang menggunakan material serat karbon.

Proses pengembangan swingarm serat karbon ini dilakukan tim sejak Maret silam. Aprilia sudah menggunakan swingarm serat karbon di motor 250 cc-nya. Namun, sejauh ini motor RS-GP yang jadi tunggangan Aleix Espargaro dan Scott Redding masih menggunakan konstruksi konvensional berbahan dasar aluminium.

[Baca juga: Penampilan Membius Rider Perempuan Ana Carrasco di WorldSSP300]

Apabila rencana ini terwujud di Le Mans, berarti Aprilia menyusul Ducati yang sudah menggunakan swingarm serat karbon dari musim 2009. Dan Honda yang juga mengikuti pengaplikasian tersebut dimulai dari masa uji musim dingin kemarin.

Swingarm Serat Karbon Aprilia

Di luar itu, Espargaro tampaknya siap tampil maksimal dalam menghadapi MotoGP Le Mans nanti. Walaupun, ia sadar segenap tim harus bekerja keras demi hasil maksimal.

“Sirkuit Le Mans punya banyak stop-and-go dan Aprilia bukan yang terbaik untuk hal ini. Tapi saya gak peduli dengan layout atau negara di mana kami berada, ia akan memberikan upaya ‘sejuta’ persen di balapan selanjutnya untuk membawa motor ini naik podium,” ungkapnya dikutip dari Crash.net.

Dari sumber yang sama, Scoott Redding mengutarakan, “Saya suka lintasan Perancis. Lintasan ini sedikit berbeda dengan yang lainnya di kalender. Dalam dua hari tes di Mugello kami membuat beberapa perubahan radikal pada pengaturan RS-GP saya dan saya berpikir kami bisa berangkat dari informasi yang didapat, memberikan perasaan positif.”

Di klasmen sementara MotoGP 2018, Redding kini masih menghui zona bawah tepatnya di urutan 21. Sedangkan nasib Espargaro sedikit lebih baik dengan menempati urutan 18.