MV Agusta kopling semi otomatis
1
739

Naik Motor MV Agusta Ini Nggak Perlu Repot Main Kopling

MV Agusta Turismo Veloce Lusso 800 SCS sudah dibekali sistem transmisi semi otomatis. Bagaimana cara kerjanya?

GilaMotor.com  – MV Agusta belum lama ini memperkenalkan model baru Turismo Veloce Lusso 800 SCS, Gilmoters. Tampang motor ini menegaskan bahwa ia bermain di segmen motor adventure.

Untuk menunjang kenikmatan pemiliknya ber-adventure ria, MV Agusta menyematkan sejumlah teknologi barunya pada motor ini. Salah satu fitur yang pantas dikagumi adalah SCS (Smart Clutch System).

[Baca juga: Rossi Sebut Lorenzo Jago Simpan Rahasia, Rahasia Apa Tuh?]

Apa itu Smart Clutch System? Fitur ini gampangnya bisa dibilang adalah sistem transmisi semi otomatis. Teknologi ini memungkinkan transmisi melakukan engagement otomatis ketika motor hendak dijalankan dari posisi diam.

Enak kan Gilmoters? Udah kaya bawa mobil matic nih. Dan begitu juga saat motor diajak berhenti. Transmisinya otomatis kembali jadi netral. Dengan adanya fitur ini bisa dipastikan rider nggak perlu repot-repot memainkan tuas kopling.

Tapi di samping itu, mungkin pada momen-momen tertentu Gilmoters kangen pengen mengeoperasikan perseneling secara manual. Dan itu bisa dilakukan dengan mudah lewat cara langsung saja menarik tuas kopling dan memilih gigi yang dikehendaki.

[Baca juga: Tips Rawat Sepeda Motor Matik Injeksi]

Namun, ada catatannya nih. Dengan adanya sistem semi otomatis ini, dilarang mematikan motor dalam posisi gigi masuk. Sejujurnya Bang Gilmot nggak tahu betul alasannya. Mungkin takut kalau pas mesin dinyalakan langsung menghentak.

Catatan nomor dua adalah wajib menggunakan rem parkir saat motor berhenti. Ya, benar, rem parkir. Benar-benar kayak mobil ya.

Di hal samping tersebut, teknologi canggih lainnya yang menempel pada MV Agusta Turismo Veloce Lusso 800 SCS ialah penggunaan sistem suspensi semi-aktif. Tertarik mencobanya?

1 COMMENT