corsa-cross-s-1
0
24304

Lakukan Hal Ini Saat Ban Sepeda Motor Bocor

Gilamotor.com – Sebagai pengguna sepeda motor tentunya Gilmoters pernah mengalami kebocoran ban saat tengah berkendara. Mengalami kejadian ban sepeda motor bocor pastinya menjengkelkan, dan yang pertama terlintas di benak Gilmoters adalah membawa secepatnya ke bengkel tambal ban terdekat.

Eits, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu Gilmoters lakukan sebelum membawa sepeda motor ke bengkel. Sehingga mampu meminimalisir kerusakan yang terjadi pada ban sepeda motor Gilmoters.

(Baca Juga : Faktor Penyebab Ban Motor Cepat Botak)

Hal pertama yang harus Gilmoters lakukan takala ban sepeda motor bocor adalah mengecek kondisi ban tersebut. Dan segera pastikan posisi benda tajam yang menyebabkan kebocoran pada ban sepeda motor Gilmoters.

Jika ban sepeda motor Gilmoters bertipe tube alias menggunakan ban dalam, segeralah menyabut benda tajam tersebut. Lantaran jika benda tersebut masih menancap di ban dapat menyebabkan kebocoran lain di beberapa bagian. Bahkan bisa menyebabkan ban dalam sepeda motor robek dan nggak bisa dipakai lagi.

Lain halnya jika ban sepeda motor Gilmoters bertipe tubeless, sebaiknya jangan mencabut benda tajam tersebut sampai tiba di bengkel terdekat.

Lagkah kedua adalah membukan baut penahan pentil. Setelah itu masukan pentil ke dalam pelek, sebelum Gilmoters membawa sepeda motor ke bengkel terdekat. Ini berguna untuk meminimalisir ban dalam robek di bagian pentilnya.

Dan hal lain yang perlu Gilmoters ingat adalah menuntun sepeda motor saat membawanya ke bengkel dan jangan dinaiki. Sebab, beban Gilmoters saat menaiki sepeda motor dapat menambah kerusakan ban yang lebih parah. Selain itu juga bisa menyebabkan pelek sepeda motor penyok. (okz)