Royal enfield himalaya edition rally dakar
Foto: motociclismo.it
1
478

Begini Jadinya Kalau Royal Enfield Himalayan Ikut Reli Dakar

Gilamotor.com – Kompetisi reli Dakar terkenal menyuguhkan lintasan ektrem yang harus dilalui para pembalapnya. Maka, motor yang dipakai untuk balapan setahun sekali ini pun tak main-main. Kepada publik, Royal Enfield baru saja menunjukkan wujud produk motor adventure Royal Enfield Himalayan untuk balapan semacam ini.

Royal Enfield Himalayan secara resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada tahun 2018 dalam sebuah pameran otomotif di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. Bersamaan dengan itu harga dari motor adventure asal India diumumkan dengan bandrol Rp 93 juta.

Motor yang sudah cukup dikenal dalam dunia adventure memiliki kemampuan menjelajah di berbagai jalur sulit yang ada di dunia, Gilmoters. Bahkan beberapa test ride telah dilakukan pabrikan Royal Enfield dengan mengajak perwakilan test rider dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

(Baca juga: Kemewahan Bali Mewarnai Jambore Asosiasi Honda CBR)

Dan dalam pameran Bangkok Motor Sale 2018, Royal Enfield Himalayan tampil ekstrem dengan modifikasi di beberapa bagian. Modifikasi ini terinspirasi dari ajang balap reli Dakar yang biasa dilalui motor motor seperti KTM 450 RALLY, Husqvarna FR 450 RALLY, Honda CRF450 RALLY, Yamaha WR450F Rally, Sherco RTR 450 Rally, dan Hero RR 450 Rally.

Untuk memperkuat penampilan dan kapabilitasnya, Royal Enfiel Himalayan ini mengalami perubahan di beberapa sektor:

1. Bodi

Motor yang awalnya hanya memiliki bodi pada bagian kanan kiri di bawah jok, kini diubah desainnya. Bodi half-fairing yang menjadi identitas motor reli Dakar menempel di Royal Enfield Himalayan.

Selain itu Royal Enfield Himalayan sudah dilindungi oleh crash bar di bagian kanan da kiri sehingga melindungi blok mesin dan bodi fairing. Dapat Gilmoters lihat bagian spatbor depan dan belakang juga ikut berubah, spatbor depan dan belakang terlihat seperti spatbor motokros pada umumnya.

Tak lupa juga, Royal Enfield Himalayan Dakar Edition dibekali skid-plate pada bagian mesin. Untuk menunjang penampilan tak lupa juga warna motor diubah menjadi merah dan putih dengan beragam logo Royal Enfield Himalayan. Pada bagian jok kini hanya bisa untuk digunakan satu rider tanpa boncengers untuk menunjang kenyamanan.

2. Mesin

Mesin pada Royal Enfield Himalayan Dakar Edition masih sama seperti versi standar dengan spesifikasi motor adventure satu silinder 4-tak berkapasitas 411 cc. Mesin tersebut ditunjang sistem pendingin udara, SOHC, dan fuel injection.

Kemudian, tenaga puncaknya sebesar 24,5 bhp yang bisa didapat pada putaran mesin 6.500 rpm. Sedangkan, torsi puncak ada di angka 32 NM pada putaran mesin 4.250 rpm.

3. Aksesori dan kaki kaki

Semakin menjelaskan tampulan rally dakar Royal Enfield Himalayan juga diberikan beberapa aksesori seperti smoked winshild, knalpot ater market, stang lebar, mudguard suspensi, lampu LED, lampu tambahan dibagian kanan kiri engine bar.

1 COMMENT