1
918

Sekolah Satu Hati Honda, Ciptakan Generasi Muda Berkualitas

GILAMOTOR.com – PT Astra Honda Motor [AHM] canangkan program Sekolah Satu Hati di tingkat SD, SMP dan SMA. Program ini merupakan rangkaian upaya AHM untuk terus mendukung terciptanya generasi muda peduli sosial, budaya, dan lingkungan.

AHM mengembangkan program Sekolah Satu Hati ini melalui tiga pilar utama, yaitu sosial, lingkungan, dan budaya. Program ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya sekolah dan siswa yang berwawasan lingkungan, berkomitmen terhadap pelestarian seni budaya, dan berkontribusi dalam proses perubahan sosial.

Pada pilar sosial, perusahaan mendorong para siswa untuk aktif berkontribusi dalam proses perubahan sosial melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh duta AHM Berbagi Ilmu (ABI). Duta ABI ini akan mengajarkan para siswa ilmu dan pengetahuan tentang keselamatan berkendara, teknologi sepeda motor yang ramah lingkungan, teknik dasar menghadapi keadaan bahaya (Emergency Awareness) seperti saat menghadapi kondisi kebakaran, banjir, serta pertolongan pada kecelakaan. AHM pun menfasilitasi terselenggaranya pelatihan-pelatihan siswa berdasarkan hobi dan minat, seperti fotografi, kerajinan tangan dari barang-barang bekas, serta pembekalan teknik pendakian gunung bagi para siswa.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perusahaan berkomitmen terus mendukung terciptanya generasi muda yang berkualitas melalui beragam aktifitas di dunia pendidikan yang dijalankan secara konsisten dan tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

“Generasi muda merupakan aset sekaligus penentu masa depan bangsa. Kami berharap Program Sekolah Satu Hati ini dapat mendukung terciptanya generasi muda yang peduli terhadap berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan, seni budaya, hingga kami dorong mereka agar mampu menginspirasi masyarakat melakukan perubahan sosial ke arah yang lebih baik.”

Untuk pilar lingkungan, AHM mendorong terciptanya Sekolah Adiwiyata yang dicanangkan pemerintah untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik, tenaga didik dan peserta didik yang memiliki kompetensi pengelolaan lingkungan hidup, dan pengelolaan sarana ramah lingkungan di area sekolah.

Di bidang budaya, AHM menfasilitasi upaya pelestarian kesenian daerah melalui pelatihan musik angklung. Kegiatan dimulai dengan memberikan pelatihan kesenian angklung kepada para guru-guru sekolah binaan di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Guru-guru tersebut akan mengajarkan ilmu yang diperoleh kepada para anak didik di sekolahnya masing-masing. Puncaknya, siswa-siswa yang telah berlatih kesenian daerah Angklung ini akan berkompetisi antar sekolah untuk mendapatkan kesempatan bekompetisi angklung tingkat nasional. Program ini secara berkesinambungan akan terus digulirkan melalui pelatihan dari para guru maupun siswa yang telah memiliki kompetensi untuk diajarkan kepada siswa lainnya.

AHM memulai pengimplementasian program Sekolah Satu Hati di 15 sekolah setingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Jakarta Utara (SDN Sunter Agung 13, SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 3, SMP Giki 2, SMAN 18, SMAN 40, SMAN 72, SMAN 75, SMAN 80, SMAN 110, SMA Giki 2, dan SMK Kencana ), kota Bekasi (SMK Mitra Industri Cikarang), kabupaten Kuatan Singingi, Riau (SMP 4 Singingi), dan kabupaten Bengkalis, Riau (SMP 4 Mandau).

1 COMMENT