80
4564

Mudik : Pantau Jalur Mudik Dan Jalur Alternatif Via Smartphone

GILAMOTOR.com – Bro en sis semua tentu pernah terjebak macet saat mudik. Kalau sudah ada di dalam antrian panjang, cuma satu yang bisa dilakukan, “nikmati aja bro”. Hehehe…

Tapi yang pasti, nggak semua orang mau menikmati macet kecuali dengan sangat terpaksa. Makanya, banyak yang merencanakan perjalanan dengan mencari atau memilih jalur alternative untuk menghindari jalur yang punya tradisi macet. Meski jarak tempuh akan sedikit lebih jauh, itu bukan masalah, yang penting kendaraan tidak parkir di jalan raya alias macet parah.

Yang jadi masalah, nggak semua tau jalan alternatif. Tenang bro, sekarang jaman sudah canggih, sampean bisa mencari jalan alternatif melalui smart phone yang ada di genggaman sampean. Bermodal sebuah smartphone, bro en sis bisa mencari jalur alternatif bermodal aplikasi dan GPS di smartphone.

Berikut beberapa aplikasi GPS yang bisa membantu sampean memantau jalur mudik dan mencari jalur alternatif.

Google Map

Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan smartphone. Aplikasi Google Map juga bisa dibuka via browser. Cukup banyak informasi yang bisa didapat dari aplikasi ini, seperti SPBU, restoran, ATM, Kantor Polisi, Hotel dan lain-lain. Google Map juga mampu disetting untuk menentukan arah tujuan.

Kelebihan aplikasi ini adalah gratis dan mudah digunakan, tidak perlu smartphone khusus untuk menjalankannya. Kekurangannya, butuh koneksi internet untuk mendownload data.

Sygic

Sygic merupakan aplikasi GPS offline untuk smartphone. Sama seperti Google Map, aplikasi ini juga punya database lokasi sesuai dengan peta yang kita install. Sampean bisa menginstall aplikasi ini dari play store.

Aplikasi ini dapat berjalan offline tanpa perlu koneksi internet. Sayangnya aplikasi ini cukup memakan memory untuk menyimpan data base. Kira-kira memory yang dibutuhkan sebesar 500 MB. Dan untuk full version nya butuh biaya yang cukup besar, sekira Rp 1.3 juta.

Tapi bro en sis juga bisa memanfaatkan versi gratisnya. Versi ini bisa digunakan selama 30 hari saja.

Navitel

Sama dengan Aplikasi Sygic, aplikasi ini juga merupakan aplikasi GPS offline, tapi yang ini free alias gratis. Yup gratis.. Sampean tinggal mendownload aplikasi dan peta Indonesia via Navigasi.net.

Keuntungan pakai aplikasi ini adalah, sampean bisa mencari segala macam tempat lebih detail, bahkan untuk mencari lokasi warteg dan angkringan sekali pun. Sayangnya, load datanya butuh waktu yang lebih lama.

Waze Social GPS & Live Traffic

Aplikasi Waze Social GPS & Live Traffic ini merupakan aplikasi GPS online yang menggunakan kekuatan komunitas penggunannya sebagai sumber info traffic. Kondisi traffic bisa kita dapat secara live dari sesama pengguna aplikasi Waze. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis Play Store. Aplikasi ini butuh koneksi internet yang yahuuud.

Teks: Yudi | Foto: Yudi