0
806

Rider Yamaha Keluhkan Performa Ban di MotoGP Aragon

GILAMOTOR.com – Perjuangan rider tim Yamaha tampaknya cukup berat saat menghadapi laga MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu [28/9] nanti. Pasalnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo terpaut selisih waktu yang cukup jauh dari penghuni pole position, Marc Marquez.

Niatan Rossi untuk melanjutkan kemenangannya di Aragon mengalami kendala. Performa ban yang tidak bagus membuatnya tidak bisa bersaing memperoleh lap time tercepat di kualifikasi.

Saat jalannya sesi kualifikasi kemarin, Rossi hanya mencetak waktu 1 menit 48,226 detik. Rossi menjelaskan kalau kalau ban yang digunakannya di sesi akhir tersebut tidak bekerja dengan baik.

“Aku menggunakan ban yang salah di kualifikasi dan kami tidak bisa menggantinya,” kata Rossi. Permasalahan ban tersebut sebenarnya sudah dirasakan sejak latihan hari kedua kemarin.

“Pagi hari latihan sangat sulit terutama saat kami menempatkan ban baru hingga sesi akhir karena ban tidak bekerja baik,” tambahnya. Karena itu Rossi hampir mengalami kecelakaan dan tidak bisa meningkatkan waktunya.

Catatan di kualifikasi hanya menempatkan juara MotoGP Misano lalu itu start dari grid keenam. “Di race nanti, nggak ada jalan untuk bertarung dengan Marquez dan Pedrosa karena mereka terlalu kuat,” tutup Rossi.

Hal serupa juga dialami rekan setim Rossi di tim Yamaha. Lorenzo merasakan penggunaan ban yang salah itu membuatnya terlalu beresiko untuk bisa meningkatkan waktu. “Aku berusaha sampai maksimal dan itu beresiko,” sahut Lorenzo.

Menurut Lorenzo grip ban belakangnya tidak bekerja dengan normal. “Ini bukanlah yang pertama. Itu juga terjadi dengan Rossi untuk ketiga kalinya dan dua kali untukku,” jelas rider Spanyol itu. Lorenzo pun hanya menempatkan dirinya di start ketujuh setelah meraih lap time 1 menit 48,246 detik.

Kendala ban ini kembali dibahas karena sebelumnya baik Rossi atau Lorenzo juga mengeluhkan soal kualitas dari ban sponsor resmi MotoGP itu.

Teks : Ary | Foto : Crashnet