1
739

Smartwatch, Ancaman Bagi Pengendara Sepeda Motor!

GILAMOTOR.com – Beberapa tahun belakangan, banyak sekali produsen ponsel berlomba-lomba membuat perangkat smartwatch. Perangkat portable ini bentuknya seperti jam tangan pada umumnya, namun memiliki fitur layak smartphone.

Bentar deh, ini apa hubungannya dengan berita otomotif sih? Sabar sob, kita akan jelaskan apa hubungannya antara dunia perangkat digital ini dengan dunia otomotif.

Seperti yang kita tahu, bahwa berkendara sambil berponsel itu berpotensi menyebabkan kecelakaan. Data korlantas Polri tahun 2013 menyebutkan 39,93% Faktor Teknologi Pemicu Kecelakaan adalah menerima telepon. Sementara 27,45% disebabkan oleh tindakan menelepon, 21,93% menerima SMS dan 7,84% mengirim SMS.

Nah, smartwatch ini diciptakan untuk mempermudah komunikasi tanpa harus memegang smartphone yang kian hari makin besar dimensinya. Walaupun bentuknya lebih kecil dibanding smartphone, namun potensi terjadinya kecelakaan sama tinggi dengan berponsel.

Ini karena untuk bisa menggunakan fitur di smartwatch seperti SMS atau menelpon, penggunanya harus melepas tangan dari setang dan mata akan tertuju pada smartwatch dibanding melihat kondisi jalan didepan.

Dijelaskan oleh IAM (Institute of Advanced Motorists) di Inggris, pengendara yang kedapatan menggunakan smartwatch saat berkendara akan didenda 100 Pound. Bahkan, pelanggar juga akan dipenjara selama dua tahun jika menyebabkan orang lain meninggal.

Di Indonesia juga ada Undang-Undang tahun No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mengaturnya. Tertuang dalam  pasal 283 yang berbunyi :

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratuslima puluh ribu rupiah),”

Inget bro, riding itu aktivitas yang butuh konsentrasi 100 persen!

Teks : Yudi | Foto : webelowwear.com

1 COMMENT

  1. hey, Hey make sure you assist me to affect the elgg, interpersonal torch theme to 1. main You should i want to recognize that site within mod to be able to alter to create my configuration with the active features Ough should create your individual layouts’. Ex., directly into folder views