Photo: MotoGP
0
1124

Lorenzo Akui Kekuatan Valentino Rossi

GILAMOTOR.com – Umur boleh tua, tapi stamina Valentino Rossi tetap maksimal hadipi tertarungan di bawah panasnya cuaca di Sepang, Malaysia. Dari hasil balapan kemarin, Valentino Rossi memperkuat posisinya sebagai runner up MotoGP 2014.

Di sisi lain, Jorge Lorenzo gagal mengambil alih posisi rekan satu timnya di klasemen MotoGP 2014. Alih-alih mengambil posisi Rossi di klasemen, Lorenzo malah tertinggal 12 poin dari Rossi. Cuaca panas di Sepang benar-benar jadi tantangan lain yang harus dihadapi para pebalap. Bahkan Lorenzo sendiri mengakui staminanya melorot lantaran disedot cuaca panas yang mencapai 36 drajat celcius dan suhu di trek mencapai 54 drajat celcius.

“Balapan yang sangat sulit. Ini mungkin balapan dengan suhu terpanas di Malaysia dalam 12 tahun aku berkompetisi,” papar Lorenzo soal suhu panas di Malaysia.

Dihadapkan cuaca seperti itu, stamina Lorenzo melorot di paruh balapan. Dia hanya mampu berkompetisi dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez di awal saja. Tapi setelah Marquez dan Rossi melewatinya, dia malah tertinggal hingga 3 detik.

“Aku balapan bagus di awal. Aku mendorong motor hingga titik masimal untuk tujuh atau sepuluh lap awal, tapi secara perlahan kondisi semakin memburuk. Valentino sangat cepat dan di paruh kedua balapan dia mampu bertahan.”

“Kondisi itu sangat sulit untuk balapan dan bertarung. Aku tak se-fit di Silverstone atau Misano. Toga pekan balapan di luar Eropa, aku kurang latihan,” aku Lorenzo.

Valencia jadi peluang terakhir bagi Lorenzo untuk merebut posisi runner up. Tapi rasanya akan sulit melihat selisih poinnya dengan Rossi cukup jauh. Setidaknya ia harus meraih 13 poin lebih tinggi dari Rossi di akhir balapan.