Photo : KTM
0
1552

KTM RC250, Mainan Baru KTM di Indonesia

GILAMOTOR.com – Kabar mengenai akan diproduksinya KTM RC250 sempat dibicarakan. Realisasinya pun semakin nyata. Motor balap versi jalan raya yang katanya menganut ‘jeroan’ motor balap KTM di Moto3 itu segera digarap massal.

Dari beberapa sumber, pengerjaan KTM RC250 akan dilakukan di India mulai tahun depan. Hal tersebut diakui pula oleh PT Moto KTM Indonesia (MKI). “RC250 akan diproduksi Maret 2015,” buka Alam, Direktur Marketing PT MKI beberapa waktu lalu.

Bukan latah karena pasar motor sport 250cc khususnya di Indonesia sedang naik daun, tapi motor ini sepertinya sudah layak untuk dilahirkan. Alam juga memaparkan bagaimana performa motor balap KTM di balap Moto3 melalui salah satu pebalap andalannya, Jack Miller.

Menurutnya, KTM memang tidak ingin terburu-buru dalam memproduksi motor. “Ini berkaitan dengan filosofi KTM dimana setiap produk KTM selalu mengalami penggarapan yang luar biasa dan di desain race oriented,” jelas Alam.

Pria jangkung ini juga mengatakan MKI pasti akan mendatangkan RC250 ke Indonesia. “Yang pasti diluar dulu baru kita,” ujarnya.

Ini sangat mungkin jika melihat basis produksinya yang dilakukan di India. Selain menekan cost produksi, Alam juga menjelaskan alasan KTM menunjuk India adalah karena ingin masuk ke kelas medium low. “KTM juga mau masuk ke pasar Asia karena pasar ini besar,” papar Alam.

Namun, Alam tetap menjamin kalau line up KTM dari negeri sari itu tetap berkualitas tinggi. “Motor KTM yang dibuat di India itu homologasinya dari Eropa dan kualitasnya terbaik,” jelasnya.

Artinya, motor merek Austria ini baru bisa bergabung di Indonesia paling nggak 2015 mendatang. Wah, KTM RC250 bisa memberikan warna baru nih diantara dominasi pabrikan Jepang.