Photo : Gilamotor.com/Ary
0
1631

Nobuatsu Aoki Ungkap Potensi Suzuki GSX-RR di MotoGP

GILAMOTOR.com – Sebagai salah seorang test rider yang ditunjuk Suzuki, Nobuatsu Aoki tentu paham bagaimana rancang bangun GSX-RR. Dengan potensi yang dimiliki sang kuda besi, Aoki berani menyebut rider Suzuki bisa naik podium di MotoGP 2015 ini.

Hal tersebut disampaikannya secara langsung ketika hadir dalam gelaran puncak grand final Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015.

Sebenarnya, kedatangan Aoki San ke Indonesia adalah untuk berbagi pengalaman dengan 23 finalis SIC. Namun, pria asal Jepang ini begitu antusias ketika ditanya seputar comeback Suzuki ke MotoGP.

Pebalap yang sudah 10 tahun bekerjasama dengan Suzuki ini mengatakan GSX-RR punya keunggulan di beberapa sektor.

“GSX-RR punya sasis bagus. Sementara mesin terus di develop,” buka Aoki saat berbincang di Sirkuit Sentul, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Aoki menjelaskan GSX-RR masih memiliki cukup banyak kekurangan. “yang menjadi masalah utama adalah traction control GSX-RR belum sempurna dan masih satu langkah di belakang kompetitor,” papar Aoki.

Rider yang pernah membalap di Sentul saat berlaga di GP250 (1997) ini juga mengatakan peluang Suzuki menjadi juara dunia MotoGP 2015 masih jauh. “Masih sulit bagi Suzuki untuk menang tahun ini. Tapi ada kemungkinan bisa podium,” katanya.

Jika melihat karakter GSX-RR yang menjadi tunggangan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, Aoki optimis. “Terutama trek yang banyak tikungan seperti Sachsenring (Jerman), Phillip Island (Australia) dan Valencia (Spanyol).

Performa GSX-RR tentu saja bukan satu-satunya faktor. Gaya balap juga turut mempengaruhi impresifnya performa GSX-RR. Aleix pun sepertinya sudah cukup memahami karakter tunggangannya.

“Aleix pintar dalam braking. Saat ini, dia memang yang diunggulkan. Tapi, tidak lama lagi Vineles bisa mengikuti,” tutup Aoki. Semoga taji Suzuki akan mulai terlihat di seri perdana MotoGP Losail, akhir pekan ini.