Photo : Gilamotor.com/Ary
0
2537

Vulcan S 650 Dan HD Street 500, Cruiser Jepang vs Amerika

GILAMOTOR.com – Dua pilihan menarik dan menggoda. Itulah kondisi ketika konsumen Tanah Air dihadapkan oleh kedatangan Harley Davidson Street 500 dan Kawasaki Vulcan S 650.

Hadirnya kedua motor ini memberikan warna baru bagi bikers Indonesia. HD Street 500 tampil sebagai generasi HD terkecil yang juga dibanderol lebih bersahabat yakni Rp 219 juta (off the road).

Kawasaki Vulcan S pun demikian. Berbeda dengan tampilan produk Kawasaki kebanyakan, Vulcan S tampil sebagai cruiser modern. Motor yang baru saja diluncurkan di Java Jazz Festival 2015 ini dibekali mesin 650 cc.

Memang lebih besar dari Street 500. Tapi, harga jual Vulcan S yang hanya 155 juta, pastinya lebih menggoda. Akan tetapi pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tak ingin menyandingkan Vulcan S dengan Street 500.

“Jelas berbeda. Mereka brand Amerika Serikat. Sedangkan kita brand Jepang. Tapi, yang pasti Vulcan S lebih nyaman dikendarai karena ringan dan tidak panas,” jelas Michael Tjandra Tanadhi, Deputy Head Sales Promotion Department KMI.

Kawasaki boleh saja mengklaim demikian. Tapi yang pasti HD Street 500 pun menawarkan hal baru yang layak dipertimbangkan.

Secara desain, tubuh Street 500 terlihat lebih modern dibanding line up HD lainnya. Pun demikian, pihak pabrikan tak ingin menghilangkan sejarah Harley Davidson yang dikenal punya usungan desain simple. Hal itu berlanjut pada riding position. Ketinggian jok ke tanah yang hanya 709 mm membuat pijakan kaki ke tanah begitu kokoh. Jangkauan tangan ke stang juga sangat mudah yang membuat pengendara mampu membaca informasi di speedometer LCD dengan baik.

Dikatakan Irvino Edwardly, Director Sales & Marketing PT Mabua Motor Indonesia, Indonesia adalah negara paling agresif untuk memasok Street 500.

So… Vulcan S 650 dan HD Street 500 bisa jadi pilihan bagi pecinta motor cruiser dimana keduanya menawarkan keunggulannya masing-masing.