Photo : Gilamotor.com/ilham
2
19691

Modifikasi Yamaha Jupiter Z1, Juara Berkat Rasio dan Suspensi

GILAMOTOR.com – Di ajang Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Seri perdana di Kota Purwokerto akhir pekan lalu, sosok Jupiter Z1 nomor 199 dari tim Yamaha Bahtera ini begitu digdaya.

Terbukti, meski sempat turun ke posisi lima, namun perlahan tapi pasti, motor yang digeber Syahrul Amin merangsek ke posisi pertama, bahkan meninggalkan jauh pesaingnya.
jupiter-z1-bahtera-3
Rahasianya langsung dijawab mekanik Yamaha Bahtera, Widya Krida Laksana. “Kebanyakan pakai part injeksi bawaan tim Yamaha. Untuk di sirkuit ini, lebih banyak setting di suspensi dan rasio,” buka pria berjuluk Gendut ini.

Dirinya melanjutkan jika motor ini sudah kencang dengan rombakan minim. “Karena parts injeksi dan ECU sudah dari Yamaha. Paling hanya main porting, rasio dan suspensi saja,” jelas nya.
jupiter-z1-bahtera-9
Khusus suspensi depan, Gendut mengandalkan milik skutik Yamaha Nouvo sedangkan sok belakang milik Penske model gas. “Settingannya dibuat soft karena karakter aspal sirkuit yang bumpy,” urai Gendut yang turut memasang ban IRC Fasti model slick.

Selain itu, rasio gir disetting khusus trek panjang dengan tikungan patah menjadi rahasia kemenangan Syahrul Amin.

“Rasio gigi satu, 12:33, dua 18:33, tiga pakai standar (20:22) dan gigi empat 21:25. Sedangkan khusus YCR Purwokerto, kami memakai kombinasi gir 14:46,” pungkasnya.

Data Modifikasi Yamaha Jupiter Z:

Injeksi: Yamaha
ECU: Yamaha
Suspensi Depan: Yamaha Nouvo
Sok Belakang: Penske
Gir Set: SSS
Knalpot: Creampie
Velg: Excel
Ban: IRC Fasti

2 COMMENTS