Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
877

Pasar Motor Melemah, Penjualan Honda Vario Tetap Bergairah

GILAMOTOR.com – Polemik politik, harga BBM yang tak pasti ditambah melambungnya nilai tukar dollar terhadap Rupiah membuat daya serap pasar berkurang. Tak terkecuali pasar sepeda motor pada kuartal pertama 2015 tengah melemah.

Namun dibalik hal itu, Honda bisa bernafas agak lega karena penjualan Honda Vario series tetap menguat yaitu sekitar 3,3 persen setelah berhasil terjual sebanyak 343.292 unit.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada kuartal pertama 2015, penjualan sepeda motor nasional tercatat melemah 19,1 persen atau hanya terjual 1.605.043 unit dibandingkan penjualan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.984.076 unit. Penurunan ini juga terjadi pada segmen skutik nasional yaitu sebesar 5,5 persen dengan total penjualan sebesar 1.207.758 unit dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 1.278.612 unit.

Di tengah menurunnya pasar skutik secara nasional, penjualan skutik Honda justru tumbuh sebesar 3 persen dengan total penjualan 931.207 unit dibandingkan dengan kuartal pertama 2014 yang tercatat sebesar 904.239 unit.

General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan beragam pengembangan desain dan teknologi terbaru, yaitu Honda Smart Technology dengan eSP, Combi Brake Sistem dan Idling Stop Sistem, yang disematkan pada skutik Honda direspon positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Ditengah kondisi pasar sepeda motor nasional yang terus melemah pada awal tahun ini, penjualan skutik Honda tetap tumbuh. Bahkan di tengah maraknya lahirnya skutik baru, penjualan Vario series justru semakin laris. Hal ini merupakan salah satu bentuk kuatnya kepercayaan konsumen untuk selalu menggunakan produk skutik terbaik Honda.”