Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1472

Jembatan Timbang Kembali Difungsikan sebagai Rest Area Pemudik

GILAMOTOR.com – Dinas Perhubungan kembali mengalih fungsikan jembatan timbang (JT) menjadi rest area untuk para pemudik. Dengan begitu, pemudik bisa memanfaatkannya sebagai lokasi rehat sementara waktu.

“JT akan mulai beroperasi Sabtu, 11 Juli 2015 nanti,” kata Taufan Rizani, petugas di JT Tanjung, Brebes ketika ditemui GILAMOTOR.com di lokasi kerjanya.

Lebih lanjut pria ramah ini mengatakan kawasan JT Tanjung bisa menampung lahan parkir untuk sekitar 100 unit sepeda motor dan 30 mobil.

“Selain ada toilet dan Mushola, ruang kerja kami juga akan diubah menjadi tempat pemudik bersantai karena nanti di sini digelar karpet,” lanjut Taufan sembari memperlihatkan area beristirahat untuk pemudik.

“Kita juga melibatkan warga sekitar karena mereka bisa berjualan di area ini nantinya,” ucap Taufan. Rest area JT Tanjung akan beroperasi hingga 25 Juli 2015 mendatang.

Bagi anda yang berasal dari Jakarta dan melewati jalur pantai utara (pantura), bisa menemukannya di beberapa lokasi sebagai berikut :

1. JT Balong Gandu (Karawang)
2. JT Losarang (Indramayu)
3. JT Tanjung (Brebes)
4. JT Subah (Batang)
5. JT Tugu (Semarang)
6. JT Sarang (Rembang)
7. JT Widang (Tuban)
8. JT Socah (Gresik)
9. JT Trosobo (Sidoarjo)
10.JT Rejoso (Pasuruan)
11.JT Sedarum (Probolinggo)
12.JT Besuki (Situbondo)
13.JT Watudodol (Banyuwangi)

Jika tujuan anda ke Yogyakarta, setelah masuk perbatasan Semarang bisa mengambil arah Ungaran. Sebelum mencapai Temanggung atau Magelang, anda juga bisa memanfaatkan kantung istirahat di JT Pringsewu dan JT Salam hingga JT Depok.

Sementara, anda yang ingin ke tujuan serupa dengan melewati Salatiga bisa singgah ke rest area di JT Banyudono dan JT Kalasan untuk melanjutkan destinasi akhir ke Yogyakarta.

Rest area yang disediakan pihak pemerintah ini memiliki beberapa fasilitas seperti mushola, toilet, tim kesehatan dan pusat informasi tentang mudik 2015. Laporan mudik 2015 ini didukung oleh ENERVON-C.