3
1455

Yamaha YZR-M1 Pindah Lubang Tangki Ke Bawah Jok

GILAMOTOR.com – Yamaha melakukan ubahan pada YZR-M1 untuk musim balap MotoGP 2016, yakni memindahkan lubang tangki bahan bakar ke bagian belakang, tepatnya di bawah tangki

Diberitakan Crash.net [13/12/2015], penempatan lubang tangki BBM ke bagian belakang di bawah jok sudah diperkenalkan Yamaha di Sikurit Motegi, Jepang, Oktober lalu, dites oleh pebalap wild card Katsuyuki Nakasuga.

Sementara Velentino Rossi dan Jorge Lorenzo mengetes motor dengan lubang BBM di bawah jok itu di Aragon pada September dan di Valencia pada November lalu.

Perubahan penempatan lubang tangki bahan bakar itu ada kaitannya dengan regulasi penambahan dua liter bahan bakar dan perbedaan daya cengkrang ban Michelin dengan ban sebelumnya Bridgestone.

Dikatakan Wilco Zeelenberg, saat menggunakan ban Bridgestone grip motor sebagian besar terdistribusi di ban depan. Sedangkan ban Michelin, cengkeram ban lebih dominan di ban belakang.

“Keseimbangan daya cengkeram terasa berbeda dengan ban Michelin. Tapi kami juga mendapat tambahan dua liter BBM untuk musim depan, jadi kami butuh menambah volume untuk bahan bakar,” ujar Zeelenberg.

3 COMMENTS