Kawasaki Z650 (Foto: Kawasaki/Cycleworld)
0
1968

5 Fakta yang Mesti Gilmoters Tahu Tentang Kawasaki Z650

Kawasaki Z650 telah resmi dirilis November lalu dalam pameran EICMA 2016 di Milan, Italia. Masuk dalam keluarga “Z”, berarti motor ini sebetulnya punya rancangan yang tak jauh berbeda dengan Ninja 650. Nah, selain itu masih ada lagi fakta-fakta yang menarik untuk diketahui dari motor ini, Gilmoters.

Pertama, sosok Kawasaki Z650 hadir untuk menggantikan ER-6N. Dari segi penampilan, mana yang lebih sangar? Untuk urusan ini tentunya setiap Gilmoters punya opini yang berbeda-beda. Tapi bisa dipastikan kalau penampilan Kawasaki Z650 begitu agresif. Ciri khas sebuah motor street fighter.

Kedua, motor ini punya rangka yang ringan. Menurut informasi yang Bang Gilmot dapat, Kawasaki Z650 menggunakan rangka trelis yang bobotnya hanya 14 kg. Gilmoters mesti tahu, kalau bobot rangka yang ringan sangat menunjang performa motor. Rangkanya tampil kontras dengan keseluruhan bodi motor karena berbalut kelir hijau metalik kayak punya H2R.

Ketiga, mesinnya identik dengan Ninja 650. Tapi prediksinya bisa melahirkan performa lebih unggul. Lha, kenapa bisa? Logikanya, Kawasaki Z650 punya bobot lebih ringan 5,4 kg dibanding Ninja 650 yang bodinya diselimuti fairing. Mesin yang digunakannya ialah unit berkapasitas 648 cc dengan sodoran tenaga 68 dk dan sudah EURO 4.

Keempat, produsen sebetulnya sudah pernah memasarkan Kawasaki Z650 pada tahun 1976 sampai 1983. Namun, model yang sekarang meluncur tentunya jauh lebih modern dan dilengkapi beragam fitur unggulan. Misalnya, paket rem ABS Bosch 9.1M.

Terakhir, dijual seharga mobil baru atau tepatnya Rp159,9 juta OTR Jabodetabek. Meski tidak terdengar kabar peluncurannya, tapi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sudah mengumumkan harga jual Kawasaki Z650 di Indonesia.

Nah, bagaimana pendapat Gilmoters tentang motor ini? Coba ceritakan di kolom komentar. (mdp)