Acara konser sekaligus penggalangan dana untuk penderita bibir sumbing ini patut diapresiasi dan dicontoh oleh yang lain, termasuk Gilmoters tentunya.
4
874

PT DAM Dukung Gerakan Jawa Barat Bebas Bibir Sumbing

BANDUNG, GILAMOTOR.com — Seandainya Bang Gilmot punya 10 jempol pasti akan berikan semuanya nih, Gilmoters. Karena apa yang dilakukan oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) patut diacungi jempol. Pasalnya, distributor utama sepeda motor dan komponen Honda di Jawa Barat ini turut mendukung kegiatan “Smilemotion Charity Concert” yang diadakan oleh BEM KEMA FKG Universitas Padjajaran (UNPAD) yang berkerjasama dengan Yayasan Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL).

Acara konser sekaligus penggalangan dana untuk penderita bibir sumbing ini patut diapresiasi dan dicontoh oleh yang lain, termasuk Gilmoters tentunya.

Kegiatan yang mengusung tema Movement ini mempersembahkan beragam karya dari anak-anak yang menderita celah bibir atau sumbing, Gilmoters. Tidak hanya itu, acara yang digelar di Auditorium Sasana Budaya Ganesha –Bandung (17/12) lalu ini juga menjadi sarana bagi masyarakat yang ingin berkontribusi dalam membantu para penderita celah bibir lantaran seluruh keuntungan kegiatan ini akan disumbangkan kepada YPPCBL. Salut!

“DAM turut serta dalam mendukung gerakan kepedulian terhadap penderita calah bibir khususnya yang berada di kota Bandung dan sekitarnya. Kami berikan apresiasi kepada BEM KEMA FKG UNPAD dan YPPCBL yang telah bekerja keras menyelenggarakan acara ini. Kegiatan ini juga meruoakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) kami,” ungkap General Manager Sales, Marketing & Logistik PT DAM, Lerri Gunawan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian masyarakat maupun pemerintah terhadap para penderita celah bibir saat ini, Gilmoters. Ini disebabkan karena celah bibir dianggap tidak mematikan seperti HIV/AIDS maupun kanker. Padahal nyatanya, celah bibir dapat menyebabkan gangguan fungsi bicara, pernafasan, gangguan pencernaan bahkan psikologis penderitanya loh,  Gilmoters.

Gangguan psikologis ini yang kerap dialami oleh para penderita bibir sumbing karena sering kali mengalami deromitas wajah atau kelainan bentuk wajah. Ini lah yang menjadi masalah terbesar dan menyebabkan kurangnya kepercayaan diri bagi mereka Gilmoters. Oleh karena itu, BEM KEMA FKG UNPAD bekerja sama dengan YPPCBL untuk membentuk Smilemotion pada 2014 lalu.

“Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap para penderita celah bibir sehingga timbul rasa empati terhadap mereka. Rasa empati ini diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif terhadap permasalahan celah bibir. Selain itu, Smilemotion juga ingin meningkatkan rasa percaya diri para penderita dengan bersama-sama berkreasi dan menampilkan kreativitas mereka kepada masyarakat.” tutur Wiana Ariztriani, Project Officer Smilemotion.

Kerennya lagi, tahun ini Smilemotion memiliki rangkaian pre-event yakni Inspiring Smile Movement (ISM) yang merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan agar Jawa Barat bebas bibir sumbing. Pada kegiatan ini, Smilemotion turun ke jalan di area Bandung Timur antara lain Arcamanik, Cibiru, Panyileukan, dan sebagainya yang dimana sebanyak 200 orang panitia mengunjungi puskesmas-puskesma untuk mempublikasikan operasi gratis. Selain itu para panitia Smilemotion juga mendatangi rumah para penderita untuk didaftarkan operasi secara langsung.

Selain itu, ada pula acara sehari berkarya bersama anak bibir sumbing. Pada kegiatan ini Smilemotion bersama-sama dengan anak-anak binaan YPPCBL membuat berbagai macam prakarya yang kemudian akan ditampilkan di galeri pada saat konser berlangsung. Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi masyarakat luas agar terus berkarya.  (okz)

4 COMMENTS