15
3023

Puspa Kediri Custom : Tak Lupa Jati Diri

Saat ini banyak orang atau pihak yang sangat gandrung dengan budaya asing dan melupakan siapa dirinya yang sebenarnya. Kalau kata pepatah sih bagai kacang lupa akan kulitnya. Namun hal tersebut tampaknya tidak berlaku bagi Puspa Kediri Custom (PKC). Meskipun custom culture sangat identik dengan budaya Barat, namun bengkel yang satu ini tak lupa akan jati dirinya.

Terbukti dengan menyematkan Kediri di nama bengkel yang bermarkas di bilangan Bekasi ini. Menurut builder, nama Puspa Kediri Custom merupakan perpaduan nama anak dan kampung halaman.

“Kami buka setelah piala dunia 2006 silam. Nama PKC sendiri diambil dari nama anak si pemilik yang bernama Puspa sedangkan Kediri itu merupakan daerah asal kami,” buka Aris.

pkc1

Berawal dari sebuah bengkel bubut, PKC lantas berevolusi menjadi sebuah bengkel custom yang namanya kini cukup disegani. Buktinya beberapa piala kontes custom ternama di tanah air berjajar rapi di rak bengkel.

“Awalnya hanya sebuah bengkel bubut. Lalu coba membuat motor custom dengan basis mesin Mazda ‘kotak sabun’ yang dipadukan dengan sasis BMW. Lantas makin banyak permintaan untuk membangun motor custom sehingga lama kelamaan bubut dipinggirkan,” lanjut pria yang gemar bercanda itu.

Sambil menyeruput secangkir kopi hitam pekat, Aris melanjutkan cerita mengenai rumah keduanya tersebut. “Awalnya bengkel ini hanya ada saya dan Aya (pemilik). Namun seiring dengan berjalannya waktu, ‘pasukan’ kami mulai bertambah.”

pkc

Kini terhitung saat ini ada empat orang yang yang berkolaborasi di PKC untuk menghasilkan sebuah mahakarya. Dan yang patut diacungi jempol, hampir semuanya bisa dikerjakan di tempat ini. “Semua pengerjaan mulai dari pembuatan rangka, tangki, pengecatan dan lainnya bisa kami tangangi. Namun berhubung tidak ‘kepegang’, untuk pelek dan pembuatan knalpot kami serahkan ke pihak lain,” lanjut Aris.

Dan di setiap project yang digarap, PKC selalu mengedepankan faktor kerapihan serta kenyamanan si pemilik motor. Untuk itulah, pemilik motor kerap diminta datang untuk menyesuaikan motor miliknya. “Kenyamanan pemilik motor itu sangat penting bagi kami. Untuk itu pemilik harus datang guna menyesuaikan tinggi setang hingga posisi duduk sebelum masuk tahap berikutnya. Selain itu jadi bisa ngobrol-ngobrol kan,” tutup Aris seraya pamit untuk melanjutkan pekerjaannya.

Puspa Kediri Custom
Jl. Rambutan No. 54, RT/RW 9/11, Desa Jati Mekar, Kecamatan Jati Asih, Bekasi Selatan. Telepon: 08129456826 / 08113737377.

15 COMMENTS