Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Riding
Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Riding. Foto: Shutterstock
14
10385

8 Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Touring

Cara menghilangkan kantuk ketika riding sebenarnya cukup simpel.

GilaMotor.com – Kali ini Bang Gilmot pengen berbagi tips cara menghilangkan kantuk ketika riding, Gilmoters. Karena kalau dipikir-pikir, rasa kantuk yang menyerang ketika riding bisa menjadi ancaman besar bagi keselamatan saat berkendara.

Dari hasil riset kecil-kecilan yang Bang Gilmot lakukan di internet, ternyata kantuk menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang cukup besar. Ketika seorang rider merasa kantuk, tubuh akan sulit fokus pada jalan raya. Belum lagi mata jadi lebih sering berkedip dan terasa berat. Kemudian, pada saat kantuk datang kepala juga menjadi berat, Gilmoters.

Dalam situs resminya, produsen motor asal India, Hero Motorcycles, menuliskan tips cara menghilangkan kantuk yang bisa dilakukan oleh rider ketika akan berkendara. Tips menghilangkan kantuk ini akan sangat berguna terutama ketika Gilmoters hendak riding pada malam hari.

8 Cara Menghilangkan Ngantuk Ketika Berkendara

Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Riding
Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Riding. Foto: Shutterstock

1. Tidur Sebelum Riding

Seperti kita semua ketahui bahwa obat kantuk adalah tidur. Maka, ketika ada rencana riding sebaiknya Gilmoters mendapatkan tidur yang cukup dan layak sebelumnya.

2. Melipir Sejenak

Mungkin Gilmoters pernah mendengar yang namanya power nap. Tidur sejenak yang bertujuan mengembalikan kebugaran badan. Gilmoters juga bisa melakukan power nap dalam perjalanan. Dengan trik mengatasi kantuk yang satu ini dijamin Gilmoters bisa melanjukan riding dengan kondisi tubuh lebih segar.

3. Hindari Kebanyakan Gula

Percaya atau gak, menurut sumber yang sama ternyata salah satu tips untuk menangkal kantuk adalah menghindari minuman atau cemilan yang mengandung banyak gula, Gilmoters.

4. Basuh Muka dengan Lap Basah

Memang terdengar klise, namun membasuh muka dengan lap basah ketika dalam perjalanan memang bisa memberikan kesegaran. Jadi gak ada salahnya Gilmoters sedia lap basah buat tujuan yang satu ini.

5. Olahraga Kecil

Ketika rasa kantuk sudah sulit ditahan, Gilmoters sangat untuk dianjurkan buat beristirahat. Sebelum memulai riding lagi, Gilmoters bisa sedikit melakukan gerakan-gerakan peregangan atau berjalan kaki bahkan lari-lari kecil.

6. Ngobrol

Bukan berarti ngobrol saat di atas motor ya, Gilmoters. Tapi ngobrol ketika sedang beristirahat. Ngobrol seputar ide bisnis atau bahkan politik bisa membantu Gilmoters keluar dari rasa kantuk.

7. Riding Bareng Komunitas

Riding seorang diri bisa jadi sangat membosankan untuk perjalanan jauh. Kebosanan ini bisa menggiring Gilmoters merasa kantuk. Maka riding bareng teman atau komunitas bakal lebih menyenangkan dan bisa menangkal rasa kantuk tersebut.

8. Minum Air Putih

Gak perlu takut kebelet buat air kecil, Gilmoters. Karena memperbanyak asupan air putih terbukti secara medis bisa menghindari dehidrasi yang menyebabkan kelelahan dan berujung pada datangnya kantuk.

Nah, itulah delapan cara menghilangkan kantuk ketika sedang riding, Gilmoters. Gak ada salahnya buat dicoba biar Gilmoters bisa lebih menikmati perjalanan. Kalau Gilmoters punya tips pribadi, coba share di kolom komentar.(mdp)

14 COMMENTS