6
1969

Honda Monkey Tutup Usia

GilaMotor.com – Gilmoters kaget ya pas baca judulnya. Hehehee.. Gilmoters tahu kan motor kontet legendaris produksi Honda yang namanya Monkey? Nah, bertepatan dengan usianya yang ke setengah abad, pabrikan sayap kepak menghentikan produksi Monkey nih. Pastinya di akhir Agustus ini.

Keputusan ini sih sejatinya sudah diumumkan di awal tahun. Nah, untuk mengenang sejarahnya, Honda telah menginformasikan kalau konsumen bisa memenangkan satu dari 500 Honda Monkey produksi terakhir Gilmoters. Hasilnya, ada sekitar 45.333 orang yang mendaftar.

Honda Monkey sendiri awalnya dikembangkan oleh sekelompok teknisi muda yang berkompetisi untuk mendesain motor paling kecil dan digunakan pada taman hiburan di Tokyo sekitar tahun 1961. Motor kate ini resmi mengaspal di jalan raya dengan mengadopsi mesin satu silinder berkapasitas 50cc dan mulai diproduksi pada 1967. Setelah diluncurkan, penggemar Honda Monkey langsung meroket, khususnya orang-orang yang menginginkan motor kompak untuk komutering di lalu lintas khas perkotaan.

Juli silam, Honda merilis Monkey 50th Special yang punya tampilan spesial lewat permainan krom di tangki, spatbor dan lampu dengan jok berpola tartan.

6 COMMENTS