Mewujudkan Impian Punya Motor Chopper Modifikasi
Mewujudkan Impian Punya Motor Chopper Modifikasi
8
13662

Mewujudkan Impian Punya Motor Chopper Modifikasi

GilaMotor.com – Motor chopper modifikasi kerap dijumpai kalau Gilmoters suka hadir di acara-acara kumpul motor custom. Buat Gilmoter yang juga tertarik memilikinya, ada beberapa alternatif cara yang bisa ditempuh untuk membangunnya.

Apabila menengok sejarah, chopper merupakan jenis motor custom yang mulai berkembang pada era 1950-an di California, Amerika. Ciri khas motor chopper yang paling nyata adalah menggunakan setang sekaligus fork panjang menjulang. Lalu, bagian belakang hard tail alias gak ada suspensi. Elemen ini menjadikan panampilannya terkesan ektrem dan menarik.

(Baca juga: Motor Custom Ini Bermesin VW)

Dalam proses pembuatan motor chopper pastinya diisi banyak pengerjaan teknis. Mungkin ini bukan masalah bagi Gilmoters yang akrab dengan dunia perbengkelan dan punya banyak waktu luang. Namun, buat yang awam, gak salahnya menyerahkan proses pengerjaan ke bengkel custom motor.

Intinya, proses pembuatan motor chopper modifikasi dilakukan dengan melakukan pemotongan rangka (chopped). Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya istilah chopper itu sendiri. Pada masa-masa awal kemunculannya kebanyakan motor yang dijadikan bahan chopper adalah moge seperti Harley-Davidson karena geometri rangka yang sudah mendukung.

Namun, seiring berkembangnya dunia custom, makin banyak jenis motor yang dijadikan bahan chopper. Coba saja Gilmoters intip kreasi mereka yang mengikuti movement Chopper Kampung. Di tangan-tangan kreatif dalam gerakan tersebut, motor Jepang bermesin mungil seperti Honda GL Pro, Yamaha Scorpio, Honda S90 banyak juga yang berubah wujud menjadi sebuah chopper.

Dari beberapa sumber yang Bang Gilmot dapat, ada sejumlah cara bikin motor chopper modifikasi.

Bikin Motor Chopper Modifikasi dari Rolling Chassis

Untuk bikin motor chopper modifikasi mungkin sebagian besar proses pengerjaan akan jatuh ke tangan bengkel. Tapi Gilmoters sendirilah yang menentukan langkah-langkahnya. Salah satu cara yang bisa ditempuh buat bangun motor chopper adalah lewat rolling chassis.

Pada dasarnya rolling chassis adalah tulang dari sebuah motor. Meliputi rangka itu sendiri ditambah setang, tangki bensin, jok, kaki-kaki sampai ke bannya. Rolling chassis sudah menunjukkan wujud akhir motor secara kasar. Hanya saja belum memiliki mesin atau sistem pengereman.

She’s a roller. Time to buckle down on the motor and trans. #rollingchassis #harleydavidson #shovelhead

A post shared by Joey Chanel (@jcchanel5) on

Rolling chassis bisa didapat dengan cara membeli setiap komponennya satu persatu. Beruntung kalau Gilmoters menemukan yang dijual paketan. Di jaman digital sekarang rasanya gak sulit buat mencari komponen-komponen motor custom. Khusus untuk rangka chopper, Chopperland menyediakannya.

Cara lain untuk bikin motor chopper adalah dengan membangunnya benar-benar dari nol. Yang artinya Gilmoters harus memulai desainnya dari atas kertas. Cara ini memang terkesan sulit dan memakan waktu banyak, namun pastinya Gilmoters bisa mendesain semuanya sesuka hati.

8 COMMENTS