Foto : NTMC Polri
2
1082

Disabilitas Dapat SIM Gratis Dari Satlantas Polres Bojonegoro

Gilamotor.com – Dalam rangka merayakan Hari Bhayangkara ke-72, Satuan Lalu Lintas Polres Bojonegoro punya cara unik, Gilmoters. Yakni dengan menggelar rangkaian tes  Surat Izin Mengemudi (SIM) D gratis bagi 25 penyandang disabilitas di Bojonegoro (10/7).

“Ini bentuk layanan kami kepada mereka yang berkebutuhan khusus untuk tetap dapat fasilitas yang sama. Apalagi mereka juga banyak yang bisa mengendarai motor. Sehingga sangat diperlukan untuk mendapatkan SIM D,” terang Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli,S.H.,M.H.,M.Si.

(Baca Juga : Lewat JLNT Casablanca, 70 Pemotor Ditilang Dalam Sehari)

Meskipun gratis, namun para peserta tetap wajib mengikuti rangkaian tes seusai dengan ketentuan yang berlaku, Gilmoters. Dan dari  25 peserta ujian, ada 2 orang yang gagal melalui tes kesehatan. Keduanya dinyatakan mengalami buta warna. Sehingga, petugas tidak memberikan kelulusan. Karena dapat membahayakan penerima SIM bila tetap diberikan.

Sementara bagi 23 pemohon SIM D lainnya, melanjutkan tes mengendarai sepeda motor. Khusus penyandang disabilitas yang mengalami cacat kaki, tes menggunakan motor roda tiga yang sudah dimodifikasi.

“Pada dasarnya tetap kami lakukan ujian supaya mereka benar-benar bisa tertib berlalu lintas,” lanjut AKBP Ary Fadli.

Adanya fasilitas bagi pemohon SIM D ini mendapat sambutan baik dari para penyandang disabilitas. “Alhamdulillah saya senang bisa diberikan fasilitas yang sama bisa mendapatkan SIM D. Dengan SIM ini, kami tidak ragu untuk berkendara dan melihat indahnya Bojonegoro,” ucapnya Sanawi, salah seorang pemohon SIM D. (okz)

2 COMMENTS