Suspensi WP 43mm RC390
4
34835

Kenali Ciri Oli Shockbreaker Depan Harus Diganti

Gilamotor.com – Fungsi utama dari shockbreaker adalah sebagai peredam kejut. Tidak empuknya suspensi bukan karena rusak atau harus ganti baru melainkan adanya perbaikan pada bagian suspensi. Pasalnya shockbreaker memiliki beberapa bagian yang wajib kalian rawat, Gilmoters.

Fungsi lain dari suspensi adalah untuk menjaga kestabilan agar roda selalu kontak dengan jalan sehingga motor dapat dikendarai dengan stabil. Salah satu perawatan yang harus kalian lakukan adalah mengganti oli dalam tabung.

(Baca juga: Suzuki GSX Bandit Makin Bikin Penasaran)

Gilmoters juga harus tahu ciri-ciri jika shockbreaker motor harus mengganti oli shock. Cara pertama bisa kalian lihat dari cara kerja suspensi, seperti menekan suspensi. Jika kembali ke posisi semula cepat itu tandanya suspensi mati dan rusak.

Seharusnya, cara kerja suspensi kembali perlahan dan itu menandakan adanya kompresi Gilmoters. Kedua, perhatikan seal shock depan motor Gilmoters, apabila ada rembesan oli artinya seal shock perlu diganti. Apabila dibiarkan maka pantulan dari shock depan akan terasa sangat keras karena oli shock yang ada ditabung berkurang.

Ketiga, bawa sepeda motor ke jalan yang tidak rata atau bergelombang. Coba Gilmoters rasakan apakah pantulannya terasa banyak atau sedikit, semakin banyak pantulannya artinya anda sudah rusak, karena pada dasarnya fungsi shock untuk meredam kejutan.

Jadi Gilmoters sudah mengetahui kan suspensi atau shockbreaker yang sudah tidak sesuai fungsinya? Untuk itu lakukan perawatan minimal membersihkan pipa suspensi dari kotoran atau debu.

4 COMMENTS