4
31133

Begini Cara Memanaskan Motor Agar Aki Motor Awet

Motor atau jenis kendaraan apapun diciptakan untuk digunakan secara rutin. Dengan begitu fungsi bagian-bagiannya akan selalu bekerja optimal. Bila motor terlalu lama disimpan, bukannya awet. Melainkan bakal muncul masalah- masalah, contohnya aki tekor. Untuk itu, mari kita bedah tips memanaskan motor agar aki awet.

Memanaskan mesin motor erat kaitannya dengan menjaga kondisi aki. Perlu dipahami, saat motor tak menyala dalam waktu lama berarti tidak ada sirkulasi listrik yang masuk ke aki. Bagian yang satu ini memang cukup rentan terkena masalah dan bila sudah kehilangan daya maka motor bakal susah dinyalakan.

Sebenarnya, tak sulit untuk menghindari masalah ini. Solusi gampangnya ialah dengan memanaskan motor secara berkala. Dengan begitu aki mendapat pasokan listrik. Namun, mungkin belum banyak yang tahu tips memanaskan motor agar aki awet dengan cara yang efektif.

Tips pertama yang bisa dilakukan ialah, saat memanaskan motor, jangan biarkan mesin hanya berada dalam kondisi idle atau langsam. Melainkan, sesekali putar tuas gas lebih dalam biar putaran mesin motor naik. Dengan begitu aki akan terisi lebih baik.

Memanaskan mesin motor memang cara ampuh untuk menjaga kondisi aki. Namun jika memang ada kesempatan, cobalah untuk mengendarainya sebentar saja guna mendapatkan pengisian yang lebih maksimal. Cara ini sangat disarankan bila motor memang jarang sekali dipakai.

Penting untuk diingat, jangan sampai mesin motor benar-benar tak menyala dalam kurun waktu seminggu lebih.

Tips memanaskan motor agar aki awet yang kedua ialah soal waktunya. Banyak bikers yang kerap bertanya-tanya sebaiknya berapa lama durasi yang tepat untuk memanaskan motor. Para teknisi ahli menyarankan tak butuh waktu yang lama untuk memanaskan mesin motor. Sekitar lima menit dirasa sudah cukup.

Nah, begitulah tips memanaskan motor agar aki awet. Dan perlu diketahui bahwa memanaskan mesin motor juga membawa manfaat lain, seperti mengalirkan oli dengan baik. Sehingga motor lebih siap untuk dipakai. Manfaat yang satu ini sangat berguna untuk bikers yang rutin menggunakan motornya setiap hari.

4 COMMENTS