4
2375

Jangan Sembarangan Pakai Oli Matic Buat Motor Manual

Gilamotor.com  – Oli motor terbaik memang harus memliki beberapa fungsi utama seperti, mampu melapisi logam mesin kendaraan dan menjaga mesin agar tidak cepat haus. Oli juga harus mampu melindungi dari gesekan putaran mesin sehingga tidak menimbulkan gesekan logam yang bisa mengakibatkan kerusakan Gilmoters.

Selain itu, oli untuk motor manual membutuhkan zat yang mampu membuat kopling agar tidak mudah selip. Oli terbaik memiliki kemampuan meredam panas serta mampu menjaga mesin tetap stabil. Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih oli yaitu spesifikasi dan  peruntukannya.

(Baca juga: Daftar Harga Honda CBR150R 2018 yang Baru Saja Alami Penyegaran)

Oli motor yang diperuntukkan bagi motor manual berbeda dengan oli yang diperuntukkan untuk kendaraan matik. Penggunaan jenis oli yang tidak sesuai dengan peruntukannya memang tidak akan mengakibatkan gejala apapun pada awalnya. Namun jika hal ini terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan kerusakan mesin, Gilmoters.

Motor manual menerapkan teknologi kopling basah, sepeda motor seperti ini menggunakan jenis oli dengan kode JASO MA. Oli ini mendapatkan tambahan zat adiktif yang berguna untuk menetralisir kotoran yang dihasilkan dari rontokan kampas kopling.

Sedangkan motor matik menerapkan teknologi kopling kering. Fitur ini butuh pelumasan dengan oli berkode JASO MB. Oli ini tidak ditambah adiktif. Oli JASO MB memiliki karakter fisik lebih licin dibandingkan dengan oli JASO MA. Jadi, jika motor manual dipaksa pakai oli matic (JASO MB) pada putaran tinggi kemungkinan kopling akan selip.

4 COMMENTS