Service Berkala Motor Honda Lebih Enak Pakai “Paket Hebat”
1
1091

Ketahui Jadwal Tepat Penggantian Oli Matic

Gilamotor.com – Motor matic banyak menjadi pilihan para bikers sekarang. Selain mudah digunakan motor matic terbilang motor yang nyaman untuk kondisi lalu lintas seperti saat ini Gilmoters. Untuk hal perawatan motor matic juga cukup mudah dan hampir sama dengan motor motor lainnya.

Hanya saja untuk motor matic ada dua jenis oli yang secara berkala harus kalian ganti yaitu oli mesin dan oli transmisi (Gardan). Mengganti oli secara berkala dan teratur membuat mesin menjadi lebih awet, dan tentunya tidak membuat kantong bolong Gilmoters.

(Baca juga: Bolehkah Langsung Menggunakan Electric Starter Pada Motor yang Jarang Dipakai?)

Setiap motor sangat disarankan mengganti oli usai menempuh jarak 2000 – 3000 km. Namun fakta di lapangan, dengan kondisi banyak kena macet maka jam kerja mesin motor lebih panjang dari jarak tempuh.

Jika kalian ingin mengganti oli lebih cepat dari waktu ideal tentunya sah-sah saja Gilmoters pasalnya mesin akan tetap terawat dengan benar, namun jadi pemborosan biaya dan terkait limbah penggantian oli.

Untuk penggantian oli transmisi atau gardan memiliki waktu ideal untuk penggantian,  yaitu 8.000 km. Penggantian oli transmisi secara rutin akan membuat perpindahan gigi jadi lebih halus, dan juga menghindari suara berisik yang timbul dari bagian CVT.

Pemilihan oli bisa kalian pilih sesuai kriteria kebutuhan mesin atau kalian bisa menggunakan oli sesuai anjuran dari tiap pabrikan sepeda motor Gilmoters.

1 COMMENT