4
1075

Lima Faktor yang Bikin Aki Awet dan Tahan Lama

Gilamotor.com – Aki merupakan faktor penting pada sepeda motor, agar kelistrikan motor berfungsi baik tentunya kalian harus menggunakan aki yang baik. Biasanya setiap pabrikan aki selalu memberikan keunggulan bebas perawatan dan tahan lama pada saat menjualanya.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut setiap pabrikan selalu memberikan material yang tentunya terbaik untuk usia aki. Namun, pihak Bosch juga menjelaskan faktor lain yang menentukan awetnya aki motor.

(Baca juga: AGV Rilis Replika Helm Valentino Rossi Musim 2018)

Pertama, saat pemasangan aki ada baiknya aki diisi cairan elektrolit terlebih dulu, daya tahan aki tergantung pengisian dan cairan yang masuk ke dalam aki. Kedua, saat pemilihan aki lebih baik disesuaikan dengan kapasitas kelistrikan motor.

Ketiga, Semakin rajin kalian merawat motor maka semakin awet juga umur aki. Tentunya aki akan berbanding lurus dengan perawatan motor, perawatan yang dimaksud adalah kebersihan dan kelancara fungsi dari komponen yang ada di motor.

Keempat, banyaknya perangkat aksesori yang membutuhkan beban melimpat. Sel sel aki akan rontok dan tidak akan mampu menyimpan listrik kembali.

Kelima, siklus aki (charge dan discharge) akan terpengaruh karakter pemakaian motor. Ketika motor dinyalakan menggunakan starter elektrik, maka listrik dari aki berkurang (discharge). Sehingga lama penggunaan sepeda motor akan menentukan pengisian listrik aki kembali (charge).

Bisa disimpulkan perawatan motor tentunya akan membuat umur aki menjadi lebih panjang Gilmoters.

4 COMMENTS