4
451

Tahapan Cara Mengendarai Motor Gede, Biar Nggak Kaget

Gilamotor.com – Gilmoters pengguna sepeda motor tentunya akan memulai tahapan berkendara dengan motor berkapasitas kecil terlebih dulu kan? Jika itu tahapannya akan semakin mudah untuk kalian menggunakan motor besar, hanya saja butuh penyesuaian terlebih dulu.

Jusri Pulubuhu instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) berbagi tips untuk kalian yang baru naik tahapan menggunakan motor berkapasitas mesin besar di atas 400cc. Pasalnya jika sembarangan dalam mengendalikan akan berbahaya bagi pengendara lain dan diri sendiri Gilmoters.

(Baca juga: Pertimbangan Saat Memilih Oli Motor Terbaik Untuk Matic)

“Biasanya mereka yang pakai motor ber-cc kecil pakai metode ‘tunggu biasa, biarkan lama-lama bisa,’ alias berangkat dari pengalaman. Sedangkan seharusnya mereka mempelajari karakteristik dari moge tersebut dan mempelajari teknik pengoperasian berdasar safety driving. Ini beda dengan skutik kecil,” tegas Jusri.

Jusri menyarankan pengendara baru harus lebih dulu memahami teknik sitting posture, teknik menerabas beragam medan, teknik berbelok seperti cornering, dan yang terpenting teknik pengereman. Yang terpenting adalah memahami karakteristik dari motor tersebut Gilmoters.

“Wajar kalau kita perlu pelajari tiga karakter yang penting yaitu, rem, handling, dan tenaga,” terang Jusri. Jusri menambahkan bagi Gilmoters yang sudah memahami teknik berkendara yang benar dan karakteristik dari motor besar yang digunakan tidak akan menjadi masalah kalau pengendara langsung loncat ke motor diatas 1000 cc sekalipun.

4 COMMENTS