0
467

Awas Telat, Begini Syaratnya Bayar Pajak Motor Tahunan dan Lima Tahunan

GilaMotor.com – Bang Gilmot pengin mengingatkan Gilmoters semua untuk jangan lupa bayar pajak motor. Bukan apa-apa, tapi karena sayang duitnya kalau harus bayar denda. Mending buat traktir gebetan, kan? Nah, kebetulan nggak lama lagi juga Bang Gilmot mesti bayar pajak tunggangan kesayangan.

Dari situ Bang Gilmot jadi mengingat-ingat apa saja syarat bayar pajak motor. Mungkin ada juga segelintir pengguna motor yang belum tahu. Bisa jadi mereka yang baru memiliki sepeda motor atau pemilik lama yang gampang lupa seperti Bang Gilmot ini.

(Baca juga: Cara Mengerem Motor Matic di Jalan Menurun)

Syarat Bayar Pajak Motor

Setelah cari informasi ke beberapa sumber, syarat pertama yang harus dipersiapkan bila hendak bayar pajak motor adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) atas nama pemilik motor (sama dengan STNK). Hal ini biasanya menjadi ganjalan buat mereka yang membeli motor seken dan belum balik nama mengingat harus mencari KTP pemilik motor sebelumnya.

Saran Bang Gilmot sih, lebih enak dibalik nama aja biar surat-surat kendaraan jadi atas nama pribadi. Lalu bagaimana jika KTP hilang atau sedang diurus? Setahu Bang Gilmot, gantinya bisa dengan SIM (Surat Ijin Mengemudi), KK (Kartu Keluarga), Akta Lahir, atau Paspor.

Syarat selanjutnya ialah STNK (Surat Tanda Kendaraan Nomor Kendaraan) yang asli. Di SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) mana pun STNK asli adalah syarat wajib untuk bayar pajak motor. Pasalnya, petugas nanti bakal melakukan pengesahan di lembar STNK, Gilmoters. Bentuknya cap di salah satu kolom yang tersedia.

Berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Untuk syarat yang sati ini memang berbeda-beda tiap daerah, Gilmoters. Ada yang mewajibkannya, ada yang nggak memerlukannya bila hanya untuk bayar pajak tahunan.

Syarat Bayar Pajak Motor Per Lima Tahun

Syarat-syarat yang Bang Gilmot tulis di atas adalah syarat bayar pajak motor tahunan. Dan yang seperti kita tahu, setiap lima tahun motor kita harus menjalani yang namanya cek fisik. Maka untuk kesempatan yang satu ini sepeda motor Gilmoters wajib dibawa ke SAMSAT untuk digesek nomor mesin dan rangkanya. Bersama syarat-syarat yang sudah disebut sebelumnya tadi.