1
3201

Bagian Motor yang Harus Dilumasi Usai Musim Penghujan

GilaMotor.com – Selain perawatan rutin pada bagian mesin dan kaki-kaki ada bagian lain yang harus kalian cek pada saat memasuki musim hujan, Gilmoters. Pasalnya, bagian ini terbilang penting untuk kenyamanan berkendara saat melibas hujan atau genangan air.

Permasalahan yang datang saat musim hujan adalah karat, karena air hujan yang bersifat asam sehingga beberapa bagian pada motor akan mengalami karat jika kekurangan pelumas. Oleh karena itu banyak yang menghimbau di saat motor diguyur hujan ada baiknya dibilas dengan menggunakan air bersih.

(Baca juga: Pecah! Anniversary Ketiga NMax Riders Dihadiri Ribuan Bikers)

Hal ini tentunya juga terjadi pada bagian bearing atau yang akrab disebut laher sepeda motor. Semakin sering bagian ini terkena air maka pelumas pada laher tentunya akan luntur. Ditambah lagi jika motor ini jarang digunakan dan luput dari perawatan, yah wasalam deh.

Ada dua bagian laher yang harus Gilmoters perhatikan disaat memasuki musim hujan, pertama laher roda dan laher komstir. Untuk sama-sama kita ketahui kedua part ini memang berada di tempat yang tertutup, namun jika kurangnya pearawatan maka grase akan luntur.

Jika pada motor skutik dan cub laher komstir biasanya berada di dalam batok bodi motor. Makanya part yang berfungsi dalam pengendalian ini harus dilumasi agar mudah dalam mengendalikan motor.

Untuk melumasinya Gilmoters bisa membuka cover bodi depan, terdapat dua komstir stang yang harus dilumasi dan dibersihkan. Biasanya komstir di bagian bawah yang berdekatan dengan garpu lebih kotor dari pada komstir yang ada di atas yang berhubungan dengan palang setang. Sebelum dilumasi ada baiknya Gilmoters melakukan pembersihan pada bagian ini.

Laher roda menjadi hal penting loh Gilmoters, pasalnya laher roda menjadi poros rotasi roda. Dan disaat bagian ini bermasalah maka roda tidak akan berjalan baik.

Langkah pembersihannya hampir sama Gilmoters, hanya saja untuk laher roda bagian yang harus dicopot bagian roda depan dan belakang. Dalam pelumasan sangat tidak disarankan menggunakan oli bekas ya Gilmoters, pasalnya didalam oli bekas banya mengandung serbuk-serbuk logam sisa pembakaran.

Photo: Gilamotor/Ilham

1 COMMENT