0
1439

Ini yang Diperlukan untuk Memasang Ban Tubeless di Pelek Jari-jari

GilaMotor.com – Halo Gilmoters semua, kali ini Bang Gilmot pengen membahas tentang memasang ban tubeless di pelek jari-jari.

Seperti diketahui bahwa pelek jari-jari belum kehilangan peminat, walau kebanyakan motor baru yang meluncur saat ini menggunakan pelek racing.

Banyak penggemar modifikasi atau custom yang menggunakan pelek jari-jari. Alasan terbesarnya bisa jadi untuk mengejar tampilan tertentu pada motor yang dimiliki.

Terlepas dari hal itu, pelek jari-jari juga memiliki keunggulan dari segi fungsi. Lebih cocok untuk dipakai di daerah dengan permukaan jalan tak rata. Inilah salah satu alasan motor trail atau adventure menggunakan pelek jari-jari.

Sejatinya, pelek jari-jari membutuhkan ban dalam. Namun dengan sedikit trik, bukan nggak mungkin kita memasang ban tubeless pada pelek jari-jari.

Masalah yang ada, pelek jari-jari memiliki lubang-lubang setelan pelek yang bisa menyebabkan angin keluar saat dipasang ban tubeless. Ini yang menjadi tantangan untuk memasang ban tubeless di pelek jari-jari.

Peralatan yang diperlukan:

  • Sealant, lem silikon, atau lem gasket
  • Hair drier / pengering rambut
  • Ban tubeless
  • Pentil tubeless

Langkah memasang ban tubeless di pekek jari-jari:

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengaplikasikan ban tubeless di pelek jari-jari ialah menutup lubang setelan jari-jari dengan sealant, atau silikon, atau lem gasket yang sudah disiapkan. Namun demikian pastikan lubang pentil nggak tertutup ya, Gilmoters.

Cara pengaplikasiannya bisa dengan mengoles secara rata bagian tengah pelek di mana terdapat lubang setelan pelek terserbut. Setelah itu, keringkan dengan hair drier. Bila sudah kering maka pelek jari-jari yang kita punya sudah siap dipasangkan ban tubeless.

Cara lain yang bisa diambil ialah dengan menutup lubang jari-jari tersebut dengan potongan ban dalam yang diameternya lebih kecil. Katakanlah pelek jari-jari yang kita punya berdiameter 17 inci. Untuk itu Gilmoters bisa menggunakan ban dalam berdiameter 14 inci.

Caranya, ban dalam yang ukurannya lebih kecil itu hanya diambil bagian tengahnya dengan cara dipotong. Setelah itu potongan dimanfaatkan untuk menutup lubang setelan jari-jari yang ada di pelek. Metode ini juga memanfaatkan pentil dari potongan ban dalam tersebut.

Demikianlah trik memasang ban tubeless di pelek jari-jari. Gilmoters berani coba?