Foto: Thumper Talk
0
12790

Cermati Karet Ini Biar Mesin Motor Nggak Getar

GilaMotor.com – Seiring bertambahnya usia motor, kadang muncul getaran-getaran pada mesin. Padahal, pada waktu baru nggak terasa demikian. Itu bisa jadi karena banyak hal, salah satunya adalah karet sirip blok mesin yang hilang atau sudah getas.

Karet sirip blok mesin, apaan sih itu? Nah, mungkin banyak pemilik motor yang kurang memerhatikan komponen yang satu ini. Wajar sih karena ukurannya yang sangat mungil dan bentuknya yang hanya sebatas karet hitam. Membuatnya seakan-akan nggak penting buat motor kita.

(Baca juga: Langkah Mudah Bersihkan Kerak Busi)

Fungsi karet sirip blok mesin

Sesuai namanya, karet blok mesin biasanya berada di bagian blok mesin motor kita. Ia menempel di sela-sela sirip luarnya. Punya usut, benda ini memiliki fungsi vital, yaitu meredam getaran yang dihasilkan oleh mesin.

Wah, nggak nyangka juga benda sekecil ini ternyata juga menjadi kunci kenyamanan motor.

Bila Gilmoters menanyakan pentingnya karet ini kepada para mekanik profesional maka pastinya akan disarankan untuk tidak melepasnya secara sengaja. Apalagi membuangnya karena memang ada fungsinya.

Pada kenyataannya, karet blok mesin bisa juga hilang karena berbagai sebab. Atau malah rusak karena termakan usia. Seperti kita ketahui bahwa karet bisa mengalami getas atau mengeras setelah beberapa waktu, apalagi karet yang satu ini posisinya ada bagian yang sangat panas dan terpapar langsung dengan lingkungan luar.

Dengan kondisi seperti itu bisa dipastikan karet sudah tidak mampu lagi meredam getaran dari mesin. Bisa jadi itu jadi salah alasan motor Gilmoters terasa begitu bergetar setelah beberapa lama usia pemakaian.

Kalau Gilmoters mendapati karet sirip blok mesinnya sudah dalam kondisi seperti ini, maka sebaiknya melakukan penggantian. Toh harganya juga nggak seberapa.

Harga karet peredam getaran blok mesin

Untuk harga satu set karet peredam getaran blok mesin harganya antara Rp60 ribu hingga Rp90 ribu. Namun, ini tergantung tipe motor dan merek karetnya itu sendiri. Gilmoters bisa mendapatkannya di toko online atau mengunjungi toko-toko onderdil yang ada di kota kalian.