0
670

Fungsi Lain Pelumas Selain untuk Mesin

Gilamotor.com – Pelumas mesin tentunya memiliki fungsi untuk meminimalisir gesekan pada mesin motor, Gilmoters. Tak jarang setiap penggunaan memiliki sisa kelebihan yang tentunya bisa kalian manfaatkan untuk beberapa bagian motor agar tetap kinclong dan terhindar dari karat.

Berikut fungsi lain pelumas mesin:

Sebagai pelindung

Selain melumasi bagian bagian mesin agar tidak terjadi gesekan, cairan pelumas juga berguna untuk melumassi beberapa bagian seperti engsel motor dan kopling tangan. Selain itu Gilmoters juga bisa memanfaatkannya pelumas untuk melumasi bagian rantai.

Penetrasi

Biasanya baut yang lama tidak dibuka lama kelamaan semakin keras, pelumas bisa kalian manfaatkan sebagai pengganti cairan yang masuk ke rongga rongga alur baut. Terlebih pada saat-saat tertentu, seperti musim hujan, ada kalanya saat mur pada ban dan bagian-bagian kecil pada mesin kendaraan khususnya motor sangat sulit dibuka karena terkena air kotor dari jalanan. Di sinilah, fungsi cairan pelumas sebagai pelunak dibutuhkan.

Melindungi dari karat

Semakin bertambahnya usia motor tentunya akan membuat beberapa bagian korosi dan karat, ditambah lagi jika Gilmoters tidak awas dalam pembersihan. Untuk menanggulanginya bagian-bagian yang rentan dari karat bisa kalian lumasi dengan pelumas mesin secukupnya.

Cairan pelumas sebagai pembersih

Selain berfungsi untuk mengurangi gesekan antara logam, cairan pelumas pada mesin kendaraan juga berfungsi sebagai pembersih. Mesin kendaraan memiliki bagian-bagian kecil yang sulit untuk dibersihkan. Di sinilah cairan pelumas yang mampu memasuki rongga-rongga kecil di antara bagian-bagian mesin memiliki peran penting dalam membersihkan bagian tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang mampu mengganggu kinerja mesin kendaraan.

Penghilang kelembaban

Pada saat musim hujan, mesin kendaraan terutama motor kadang harus melewati genangan air. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin yang menyebabkan kendaraan tidak dapat berfungsi secara optimal. Cairan pelumas dapat membantu menghilangkan kelembaban yang ada pada busi dan bagian-bagian mesin lainnya untuk mencegah kendaraan mengalami mogok saat berkendara pada musim hujan.