Foto : Honda
0
2125

Kapan Waktu Tepat Mengganti Pelumas Mesin?

Gilamotor.com – Banyak dari sebagian pengendara motor yang bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti pelumas kendaraan? Ada yang berpendapat dalam hitungan bulan namun ada juga yang menggunakan hitungan jarak tempuh.

Seperti yang Bang Gilmot lansir dari web Suzuki, bahwa anjuran tepat dalam mengganti pelumas mesin adalah sesuai dengan putaran mesin.

Kadang di perkotaan jarak tempuh kendaraan 10 km bisa 1 jam lebih, namun di total putaran mesinnya bisa lebih dari 10 km. Jadi, jarak tempuh tersebut belum sebanding dengan putaran mesin karena dalam 10 km perjalanan kendaraan mungkin saja terkena kemacetan tapi mesin tetap jalan (berputar).

Hal ini yang berpengaruh terhadap kualitas oli dan karena itu yang paling tepat adalah mengganti oil sesuai dengan ukuran waktu, seperti 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali, tergantung pada pemakaian kendaraan tersebut Gilmoters.

Dengan begitu kualitas oil tidak akan banyak berubah dan mempengaruhi performa mesin kendraan itu sendiri. Rutin mengganti oli sudah pasti lebih baik dibanding harus mengganti onderdil mesin karena kualitas oli sudah jenuh, bukan?