0
3084

Mitos Tentang Sepeda Motor yang Belum Tentu Nyata

GilaMotor.com – Sepeda motor telah menjadi kendaraan andalan banyak kalangan masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Kalau boleh dibilang, ibaratnya sepeda motor sudah menjadi bagian dari kehidupan kita semua.

Bang Gilmot merasakan sendiri hal ini karena dari kecil selalu ada yang namanya sepeda motor nongkrong di rumah. Dari motor milik orang tua, hingga akhirnya motor milik sendiri. Menariknya, di tengah-tengah hal tersebut, banyak mitos tentang sepeda motor yang dipercaya secara turun menurun.

Bisa jadi dulunya mitos-mitos tersebut memang benar. Namun seiring perkembangan jaman dan teknologi, ada beberapa di antaranya yang sekarang sama sekali nggak relevan. Apa saja itu? Coba tengok ulasannya di bawah ini.

 

Manasin mesin motor mesti lama

Ini mitos, Gilmoters. Kamu nggak perlu buang-buang bensin dan waktu untuk memanaskan mesin motor dalam waktu yang lama. Motor masa kini hanya perlu waktu sekitar dua menit untuk memanaskan mesinnya berkat sistem pompa oli yang sudah semakin maju.

Memanaskan motor dalam waktu yang berlebihan justru risiko bikin lampu motor (yang sudah auto headlight on meleleh) karena nggak ada udara yang mendinginkan.

Motor baru harus “dimanja”

Maksudnya, motor baru nggak boleh digeber mesinnya hingga putaran yang tinggi. Ini berlaku untuk motor-motor jaman dulu yang masih harus mengalami masa inreyen pada 1.000 km pertama. Untuk motor sekarang nggak ada larangan akan hal ini. Hanya saja jangan membuka gas dengan besar secara tiba-tiba.

Bang Gilmot pribadi tetap menilai ada baiknya kita nggak bawa ngebut motor baru. Namun, alasannya lebih kepada perlunya diri kita sebagai pengendara untuk beradaptasi secara penuh dengan motor yang baru dibeli. Apalagi, kalau sebelumnya biasa bawa skutik 150cc terus beli motor sport 500cc ke atas. Perlu adaptasi tuh.

Geber mesin motor waktu mau dimatikan

Jaman dulu hal ini dipercara perlu dilakukan untuk mengisi aki motor. Dengan menggeber-geber mesin motor saat hendak dimatikan, maka akan semakin besar aliran listrik yang disetor ke aki. Sebenarnya hal ini nggak perlu dilakukan, terutama untuk motor-motor sekarang karena sistem pengisiannya sudah canggih, Gilmoters.

Selain mitos-mitos di atas, mungin Gilmoters juga punya pengalaman sendiri. Gilmoters bisa tambahkan daftarnya dengan mengisi kolom komentar.