0
439

Lakukan Ini Ketika Ban Motor Bocor, Biar Nggak Tambah Parah

Gilamotor.com – Gilmoters mungkin pernah merasakan bocor ban saat berkendara. Kejadian seperti ini tentunya sangat menjengkelkan.

Terlanjur kesal, terkadang pengendara motor nggak mau ambil pusing lagi. Motor tetap dikendarai sampai ketemu tambal ban meski bannya kempis. Kejadian seperti ini memang bisa menimpa siapa saja dan sulit dihindari. Namun ada cara simpel yang bisa kalian lakukan guna meminimalisir kerusakan lebih ketika ban bocor terjadi.

(Baca juga: Line-up Harga Motor Berbaju Livery MotoGP)

Periksa Kondisi Ban

Saat mengalami kebocoran segera periksa kondisi ban motor. Pastikan benda tajam yang menyebabkan kebocoran. Jika ban motor kamu menggunakan ban dalam maka segera cabut benda tajam yang masih menancap karena dapat menyebabkan bocor tambahan di beberapa bagian.

Bahkan bisa menyebabkan ban dalam tidak dapat dipakai lagi. Namun jika kamu menggunakan ban tubeless sebaiknya jangan mencabut benda tajam tersebut, sampai kamu tiba di bengkel terdekat.

Buka Baut Pentil

Langkah ini bisa kalian lakukan jika motor Gilmoters menggunakan ban tube type. Setelah itu masukan pentil kedalam velg, sebelum kalian menuntun motor ke bengkel terdekat. Hal ini bertujuan agar ban dalam kalian tidak robek pada bagian pentilnya.

Saat Gilmoters membawa motor ke bengkel terdekat sebaiknya dituntun, jangan dinaiki. Sebab beban kalian saat menaiki motor dapat mengakibatkan kerusakan ban yang lebih parah, bahkan dapat menyebabkan velg motor penyok.