0
328

Pakai Standar Tengah untuk Motor Banyak Untungnya

Gilamotor.com – Sepeda motor kebanyakan memiliki dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar tengah. Masing-masingnya menawarkan keuntungan.

Kegunaan standar samping akan lebih terasa ketika terkait kepraktisan. Standar samping pada sepeda motor cenderung lebih mudah dioperasikan. Beda halnya dengan standar tengah karena pengguna mesti sedikit mengangkat motornya untuk menggunakan standar tengah.

Namun begitu standar tengah menawarkan banyak kegunaan yang berhubungan dengan teknis kendaraan. Bahkan, menggunakan standar tengah mampu memperpanjang usia motor.

Melansir dari web Daya Auto tentang pentingnya standar tengah bagi motor, salah satu keuntungannya adalah menjaga kondisi suspensi belakang (khusus shockbreker yang double). Jika parkir menggunakan standar samping maka beban motor akan menekan ke satu sisi saja, jadi lebih berat sebelah.

Begitu juga pada ban belakang, jika pake standar samping maka permukaan ban belakang menyentuh tanah/aspal. Jika pake standar dua maka ban belakang akan menggantung. Ada baiknya ban depan juga jangan sampai menyentuh aspal untuk bisa kalian ganjal saat terparkir. Hal ini akan sangat berguna ketika menyimpan motor dalam waktu yang lama. Karena jika ban nyentuh aspal atau tanah maka tekanan angin akan berubah.

Keuntungan lain dari menggunakan standar tengah ialah pada oli mesin

Apabila terlalu lama menggunakan standar samping dikhawatirkan oli mesin akan mengumpul pada sisi kiri mesin. Sehingga ketika mesin dihidupkan kembali oli nggak langsung menyebar ke bagian-bagian mesin karena oli terkumpul di satu sisi.

Itu dia pentingnya menggunakan standar tengah saat memarkirkan kendaraan. Walaupun saat ini rata rata kendaraan sport tidak dilengkapi standar tengah, kalian bisa memanfaat kan stand standar untuk menopang ban belakang, Gilmoters.