0
278

Berkendara Tanpa Perlengkapan Safety Ibarat Menantang Maut, Jangan Ditiru!

Gilamotor.com – Banyak dari pengendara motor yang masih kurang sadar akan pentingnya keselamatan berkendara Gilmoters, mulai dari penggunaan apparel yang tidak lengkap, kendaraan yang tidak layak, dan berkendara yang membahayakan orang lain.

Beberapa pabrikan motor dan komunitas terus menggalakan akan pentingnya safety riding, beragam cara yang mereka lakukan tentunya untuk memberikan keselamatan dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Agus Sani selaku Head Instruktur Safety Riding Wahana Makmur Sejati mencontohkan beberapa percobaan bunuh diri yang sering dilakukan pengendara motor seperti tidak menggunakan kelengkapan berkendara atau apparel.

“Tidak menggunakan helm ketika berkendara merupakan percobaan bunuh diri, semisal tidak menggunakan helm trus kecelakaan dan meninggal berarti percobaan bunuh dirinya berhasil”, jelas Agus Sani.

Sementara dalam berkendara kelengkapan yang harus kalian gunakan diantaranya:

Helm

Gunakan helm sebagai pelindung kepala, dan kaitkan tali pengikat dengan benar. “Helm itu menjadi bagian terpenting saat berkendara untuk melindungi kepala yang didalam nya terdapat otak, karena bagian otak tidak bisa diganti dengan otak orang lain,” jelas Agus dalam sesi safety riding.

Pakaian

Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang sebagai pelindung tubuh dari kondisi cuaca dan kemungkinan saat terjatuh. Dan pilihlah pakaian yang nyaman untuk digunakan dalam berkendara.

Sarung Tangan

Gunakan sarung tangan yang nyaman untuk dan pilih bahan yang tidak licin saat memegang hand grip motor. Fungsi penting sarung tangan disaat terjatuh adalah melindungi telapak pasalnya tangan akan merespon saat terjatuh Gilmoters.

Sepatu

Saat berkendara gunakan sepatu sebagai pelindung kaki dan dianjurkan menggunakan sepatu diatas mata kaki.

Sikap menantang mau lainnya yang gak patut ditiru ada pada kendaraan yang tidak layak. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain jika masih kalian gunakan. Beberapa kesalahan yang sering kita jumpai di jalan seperti penggunaan ban cacing pada motor harian, tidak menggunakan spion dan menggunakan aksesori yang tidak sesuai pada tempatnya (lampu rem yang berwarna putih)

“Penggunaan ban cacing umumnya digunakan oleh motor balap drag race, karena bentuk ban yang memang untuk jalan lurus saja. Jika digunakan untuk motor harian tentunya salah,” tambah Agus.

Dalam berkendara masih banyak dari pengendara motor yang tidak safety loh Gilmoters, seperti yang sering kita jumpai adalah menggunakan handphone, ngobrol saat berkendara, merokok saat berkendara, berbelok tanpa menggunakan sein dan masih banyak lagi.

Seharusnya saat berkendara, rider harus fokus pada situasi jalan dengan pandangan melihat jauh ke arah yang dituju. Kedua tangan juga menggenggam grip bagian tengah agar dengan mudah mengendalikan motor.