BMW C400X - Foto: CycleNews.com
0
667

5 Cara Hemat Bahan Bakar dalam Berkendara Motor

Gilamotor.com – Banyak dari brand-brand sepeda motor yang mengklaim motornya hemat bahan bakar. Namun hal ini bisa sia-sia jika cara berkendara dan perawatan sepeda motor tidak kalian lakukan, Gilmoters.

Semakin mahalnya harga bahan bakar minyak tentu tidak membuat kegiatan kalian terhenti, justru malah semakin membuat pengeluaran terus membengkak. Kali ini Bang Gilmot ingin membagikan tips agar motor bisa tetap kalian gunakan dengan pengeluaran biaya pembelian BBM yang irit.

Cara Berkendara

Walaupun teknologi motor sudah semakin berkembang hingga menjadikan motor irit pastinya akan tidak berguna jika gaya berkenddara kalian masih sembarangan Gilmoters.

Bahkan beberapa produsen sepeda motor membocorkan trik gaya berkendara yang baik sehingga motor menjadi irit yaitu dengan mengendalikan kecepatan motor lebih stabil.

Foto: Istimewa

Tekanan Angin Ban

Biasanya ukuran tekanan angin terletak di swing arm dan Gilmoters harus menyesuaikan tekanan angin yang sudah ditentukan. Pasalnya, kurangnya tekanan angin bisa membuat ban jadi kempes sehingga tarikan motor menjadi lebih berat.

Dengan begitu mesin bekerja ekstra dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Namun sebaliknya, jika kalian berkendara dengan kondisi tekanan angin normal motor akan lebih mudah dikendalikan dan mesin akan bekerja sesuai tarikan gas.

Pelumas Berkualitas

Pemilihan pelumas yang berkualitas bisa mempengaruhi performa motor terlebih jika kalian sesuaikan dengan kebutuhan motor. Pelumas yang berkualitas akan membuat gesekan dalam mesin motor menjadi lebih halus, bisa mengurangi suhu panas mesin yang akhirnya bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Harga Oli Motor Terbaik Evalube

Pengapian Motor

Pengapian pada motor terdiri dari beberapa bagian, namun peran busi sangatlah penting. Oleh sebab itu Gilmoters wajib melakukan perawatan dan pengecekan pada busi yang bermasalah memberi sumbangan bagi keborosan BBM. Tidak hanya membuat boros BBM, namun mesin motor juga bisa rusak jika terlalu lama dibiarkan.

Pengengecekan busi

Perhatikan Kondisi dan Spesifikasi Kendaraan

Tak hanya memperhatikan cara berkendara yang baik, namun kondisi dan spesifikasi kendaraan juga berpengaruh terhadap bahan bakar minyak. Mengakomodasi kebutuhan masyarakat, khususnya kelas premium yang mengedepankan kecerdasan dalam berkendara, bisa memilih teknologi yang mampu membuat bahan bakar irit.

Dengan cara hemat bahan bakar tentunya Gilmoters bisa lebih menghemat keungan dalam membeli BBM untuk sepeda motor kalian, jadi sudah tidak ada alasan lagi tidak ada bensin ketika diajak riding atau touring nih.