Foto: Otomotifzone.com
1
815

Sambil Nunggu Magrib, Begini Nih Cara Gampang Cek Kapasitas Oli Motor

Gilamotor.com – Bicara mengenai oli mesin, bukan hanya kualitas yang mesti diperhatikan. Namun di samping itu Gilmoters juga perlu mengecek kapasitas atau volumenya yang ada di dalam mesin.

Berutung, untuk mengetahui kapasitas oli mesin motor ternyata bisa dilakukan sendiri dalam waktu relatif singkat. Hhmm, bisa dilakukan sambil menunggu adzan magrib nih, Gilmoters.

(Baca juga: Tips Menjaga Kondisi MID Digital pada Motor)

Tutup oli mesin motor memiliki fungsi lain yaitu sebagai dipstick. Dipstick bisa kalian manfaatkan untuk memeriksa kapasitas oli motor pada mesin. Caranya cukup mudah, kalian bisa melakukan pengecekan pada pagi hari saat mesin motor dalam keadaan dingin atau belum engine on.

Dan kalian bisa mengecek kapasitas dan kualitas usai mesin menyala dalam waktu 2-3 menit. Jangan lupa juga untuk memposisikan motor dengan standar tengah, Gilmoters.

Cara membaca dipstick terbilang mudah, biasanya di ujung dipstick terdapat bagian ruang. Masing masing ruang menunjukan kapasitas oli mulai dari low hingga full, oli yang berbekas pada dipstick bagian ujung tandanya oli mesin motor kalian berkurang, begitupun sebaliknya, Gilmoters.

Dipstick juga bisa kalian fungsikan untuk mengetahui kualitas pelumas yang kalian gunakan. Saat dipstick kalian ambil letakan ujung dipstick pada bahan yang berwarna putih. Jika warna oli masih coklat dan bening kondisi olinya masih bagus, tapi kalau sudah hitam bahkan mirip kopi susu (akibat terkontaminasi oleh air) harus diganti.

Selain warna kalian juga bisa mengecek kualitas oli mesin dengan aroma pelumas mesin jika berbau gosong, oli motor tersebut sudah tidak optimal lagi. Usia masa pakai pelumas idealnya mengganti oli setiap 4.000 km atau dalam jangka waktu dua bulan. Tergantung acuan mana yang lebih dulu.

Namun perlu diingat bahwa kondisi jalanan yang sehari-hari dilalui juga bisa menurunkan kualitas oli lebih cepat. Buat jaga-jaga, seandainya motor sering terjebak macet setiap hari maka tak ada salahnya untuk mengganti oli lebih cepat dari jadwal yang disarankan, Gilmoters.

1 COMMENT