0
833

Ada Kemiripan Dan Pembaharuan Pada Motor Honda Genio 110

Gilamotor.com – Usai diperkenalkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) alhasil bisa sama sama kita ketahui bagaimana motor Honda Genio sebenarnya. Para netizen beranggapan ada beberapa kemiripan dari motor baru Honda, mulai dari nama dan desain. Namun Gilmoters juga harus mengetahui pembaharuan yang ada pada motor ini.

Bang Gilmot bakal membeberkan beberapa fakta agar Gilmoters tau tentang Honda Genio 110 cc ini :

Nama Honda Genio

Pecinta otomotif pasti tidak asing dengan nama Honda Genio pada kendaraan roda 4 di era 90 an, kiniĀ  PT Astra Honda MotorĀ  (AHM) membawa nama Honda Genio pada motor skutik 110. Walaupun begitu nama ini tidak ada hubungannya sama sekali Gilmoters, hal ini disampaikan langsung oleh jajaran direksi PT AHM.

“Honda Genio diambil dari kata Genius and Genuine. Kenapa, karena jenius itu sama analoginya dengan smart/pintar. Sedangkan genuine itu otentik atau original. Mengapa? karena marketnya menyasar para pemakai pemula yang profilnya ingin tampil otentik tapi tetap terlihat smart. Sehingga kami menggunakan nama Genio,” kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM.

Desain Honda Genio

Gilmoters wajib tau nih, ternyata Honda Genio didesain oleh seorang desainer perempuan asal Jepang bernama Kaori Kaneko yang bekerja di Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center. Kaneko coba mengembangkan desain Honda Scoopy dan Honda Beat, selain itu dirinya telah melakukan riset untuk menyempurnakan Honda Genio yang diinginkan oleh konsumen motor Honda.

Kaneko juga merasa puas dengan hasil yang sudah dibuat, terlebih body cover dan lekuk-lekuknya yang sama persis dari desain awal sehingga Honda Genio terlihat sporty dan fashionable. Namun banyak dari netizen yang berkomentar jika lampu belakang mirip dengan Suzuki Letz.

Pembaharuan Honda Genio

PT AHM mengklaim motor ini merupakan motor yang benar benar baru, mulai dari rangka, mesin dan desain. Honda Genio menggunakan frame baru dengan sebutan eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dimana teknologi yang diterapkan terbilang baru dengan menggunakan proses press dan laser welding.

Skutik 110cc ini juga diklaim menggendong mesin baru dengan kompresi 10:1, kompresi ini terbilang terbesar dikelasnya Gilmoters. Tenaga yang dihasilkan mencapai 8,8 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm dengan konsumsi 59,1 km per liter.

Honda Genio Menggunakan Mesin 110

Sebelum diperkenalkan tentunya banyak dari Gilmoters yang berharap Honda membuka segmen baru atau minimal Scoopy dengan model dan mesin 125 atau 150 cc. Namun ternyata bukan itu kenyataannya, pihak PT. AHM masih melihat pasar skutik entry level yang besar oleh sebab itu Honda Genio dengan mesin 110 dan desain yang fashionable terpilih untuk generasi Z.

“Kami melihat potensi pasar pengguna skutik di entry level di kisaran dua hingga tiga juta per tahun. Sehingga kami melihat punya potensi mengembangkan desain, tren yang sporty, kemudian yang kita kembangkan ke anak muda yang casual,” jelas Thomas.

Bagi Gilmoters yang ingin memiliki motor skutik baru Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna yang stylish serta casual sesuai dengan trend generasi muda saat ini. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 17,2 juta (On The Road Jakarta) ini tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver.

Honda Genio tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 17,7 Juta (On The Road Jakarta), mendapat enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial.