1
1541

Cara Mudah Membuat Motor Irit BBM Dan Tetap Kencang

Gilamotor.com – Memiliki motor fit dengan tarikan kencang tapi irit BBM tentunya menjadi dambaan setiap pemilik motor. Termasuk Gilmoters pastinya. Sayangnya harga bensin membuat orang harus berpikir dua kali untuk mendapatkan motor yang kencang dengan cara bore up mesin dan mengganti beberapa komponen mesin dengan parts kompetisi. Apalagi jika motor ini merupakan pacuan harian Gilmoters. Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara agar motor tetap irit BBM namun tarikannya kencang

Perawatan Mesin

Bang Gilmot percaya deh kalau Gilmoters rajin merawat motor, pastinya mesin bakal selalu dalam kondisi fit  dan pembakarannya sempurna. Kalau Gilmoters doyan ngoprek, coba deh untuk mengatur kerenggangan klep. Setel klep pacuan Gilmoters dan sesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa mekanik berpendapat pengaturan klep cukup ditambah 0,02 mm baik pada klep in dan klep ex agar mendapatkan tarikan yang enak dan motor irit BBM.

Contohnya klep pada motor standar yang memiliki kerenggangan klep 0,06 in dan 0,08 ex. Untuk mendapatkan hasil yang baik kerenggangan diatur menjadi 0,08 in dan 0,10 ex, selain irit BBM dapat dipastikan tarikan motor lebih kencang Gilmoters.

Busi

Bagian dari pengapian ini cukup berpengaruh terhadap keiritan BBM. Jika busi dalam kondisi baik, pembakaran bakal makin sempurna

 

Tekanan Angin

Walaupun sedikit aneh, ternyata benar lho kalau tekanan angin dapat berpengaruh terhadap keiritan BBM. Nggak percaya? Nih penjelasannya. Kalau tekanan angin di dalam ban kurang, maka bakal membuat permukaan ban yang bergesekan dengan permukaan jalan menjadi semakin besar. Otomatis mesin akan bekerja lebih berat dan tentunya bahan bakar yang dibutuhkan semakin meningkat. Oleh sebab itu pastikan ban memiliki tekanan angin yang sesuai agar motor irit BBM.

1 COMMENT