0
1245

Penyebab Rantai Motor Kaku Yang Bisa Bikin Putus

GilaMotor.com – Gilmoters tentunya sudah mengerti fungsi dari rantai motor. Biasanya karena kesibukan dan minimnya perawatan, fungsi rantai menjadi tidak optimal lantaran menjadi kaku dan tidak layak pakai.  Sebenarnya apa sih yang menyebabkan rantai motor menjadi kaku dan tidak layak digunakan?

Karat

Gilmoters yang doyan ngoprek sendiri di rumah tentunya sering melihat karat yang ada di rantai motor. Biasanya sih penyebabnya adalah kurangnya perawatan. Lantaran terjadi oksidasi di logam, karat yang tadinya muncul di bagian mata rantai akan menyebar ke seluruh bagian rantai. Jadi, kalau Gilmoters sering hujan-hujanan dan parkir di tempat terbuka sebaiknya lebih memperhatikan komponen ini ya. Soalnya kandungan asam yang terdapat di air hujan bisa mempercepat terjadinya oksidasi

Kotoran Debu atau Lumpur

Hujan bukanlah pantangan untuk Gilmoters dalam berkendara, betul tidak? Namun seperti disebutkan sebelumnya, kondisi hujan bisa menyebabkan karat cepat muncul. Debu yang menempel di rantai akan bercampur dengan kotoran lainnya saat Gilmoters menerjang kubangan yang hadir sesaat setelah hujan turun. Jika tidak langsung dibersihkan, otomatis dalam hitungan minggu karat akan muncul sehingga rantai motor menjadi kaku.

Oli Bekas

Mau menggunakan pelumas untuk rantai motor? Boleh-boleh saja. Namun hindari penggunaan oli bekas. Soalnya pelumas bekas pakai mengandung kotoran dan partikel-partikel lain sisa pembakaran.

Untuk menghindari rantai motor kaku pastikan disaat kalian mencuci motor tidak lupa juga untuk membersihkan rantai dong Gilmoters. Cara membersihkannya terbilang mudah kok. Cukup dibilas dengan air dan sambil mengusap semua bagian rantai dengan spons. Setelah selesai, lumasi dengan chainlube alias cairan pelumas khusus rantai.